P. Raya

Hasan Busyairi Minta Pemko Palangka Raya Minimalkan Ancaman Karhutla

PALANGKA RAYA - Legislator Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota bersama sejumlah pihak terkait lainnya, agar meminimalkan ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang belakangan ini marak terjadi.

"Kita sudah lihat setiap musim kemarau selalu diwarnai peristiwa karhutla. Tentu ini harus menjadi perhatian, tidak hanya pemerintah daerah melalui perangkatnya, tetapi juga masyarakat untuk proaktif mencegah terjadinya bencana karhutla," kata Hasan, Sabtu, 30 Juni 2023.

Jauh sebelum pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD Kota untuk terus mengoptimalkan patroli pemantauan dan pengawasan, bahkan kesiapan sarana serta prasarana pendukungnya termasuk pula masif melakukan sosialisasi dan edukasi waspada karhutla, maupun penegakkan hukum bagi mereka yang sengaja melakukan pembakaran lahan.

Begitupun untuk leading sektor seperti Dinas Kesehatan juga harus melakukan langkah persiapan di bidang kesehatan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Dilain pihak, tokoh agama, masyarakat dan adat diharap berperan aktif turut memberikan edukasi dan sosialisasi terkait kewaspadaan dini serta dampak buruk karhutla.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian kebakaran lahan di wilayah Palangka Raya hampir setiap hari terjadi di beberapa kecamatan dan kelurahan Beruntungnya personel BPBD dan tim gabungan dari damkar lainnya berhasil melakukan pemadaman setiap kali terjadi kebakaran lahan di wilayah tersebut.

 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments