P. Raya

Hasil evaluasi Capaian Target Dalam RKPD Tahun 2023

PALANGKA RAYA - Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (Rakordalev) Tahun 2023 dan Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorpem) Tahun 2024, bertempat di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Rabu (6/3/2024).

Rakordalev yang dilaksanakan ini dalam rangka evaluasi terhadap pelaksanaaan rencana pembangunan daerah Kalteng tahun 2023, yang termuat dalam RKPD Provinsi Kalteng tahun 2023. Hasil evaluasi ini menjadi masukan untuk rencana pembangunan tahun.

Sambutan Wakil Gubernur Kalteng yang diwakili Asisten Ekbang Sri Widanarni menyampaikan, pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan, adalah proses penting dalam pembangunan daerah dan berguna untuk mengetahui ketercapaian pelaksanaan pembangunan daerah dengan melihat tingkat kesesuaian antara, pelaksanaan dengan rencana yang sudah ditetapkan dalam RPJMD dan RKPD, apakah sudah terlaksana sesuai target yang ditetapkan dan direncanakan dalam RKPD tahun 2023. 

Sri menambahkan,  target capaian indikator utama RKPD Provinsi Kalteng tahun 2024 adalah pertumbuhan ekonomi dengan target sebesar 5,80 persen, angka kemiskinan sebesar 4,66 persen, gini rasio sebesar 0,316, indeks pembangunan manusia 73,42, ini sudah tercapai karena pada tahun 2023 IPM kita sudah 73,73, dan target tingkat pengangguran terbuka sebesar 3,90 persen. Target ini yang harus kita capai pada tahun 2024 ini sesuai fokus pembangunan Kalteng tahun 2023 dan termasuk tahun 2024, infrastruktur; pendidikan, kesehatan, serta perekonomian secara luas.

Pada kesempatan tersebut, Sri mengajak baik pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, pelaku usaha dan stakeholder agar nantinya dapat mendukung pengelolaan sumber daya alam yang ada di Prov. Kalteng untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

Sementara Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng Leonard S. Ampung dalam laporannya menyampaikan tujuan digelarnya Rakordalev untuk menyampaikan data pencapaian pembangunan daerah Provinsi Kalteng tahun 2023 berupa capaian target kinerja program sesuai target RKPD Provinsi Kalteng Tahun 2023.

Capaian kinerja dan capaian anggaran kabupaten/ kota se-Kalteng dan capaian pelaksanaan APBN di lingkup Provinsi Kalteng dekonsentrasi, tugas pembantuan, DAK dan Dana Desa. Selain itu, menyampaikan rencana prioritas pembangunan Tahun 2024 dan target indikator yang harus dicapai.

Narasumber kegiatan ini dari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Bank Indonesia Perwakilan Kalteng, Badan Pusat Statistik Provinsi Kalteng, Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Kalteng serta Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalteng.

Turut hadir Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Bupati, Pj Bupati/ Pj Walikota se-Kalteng atau yang mewakili, Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Provinsi Kalteng atau yang mewakili, Sekretaris Daerah Dan Kepala Perangkat Daerah Terkait Lingkup Kabupaten/Kota Se-Kalteng atau yang mewakili serta Para Narasumber dan Peserta Rakordalev.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments