P. Raya

Henry : SDM Di Kalteng Perlu Ditingkatkan

PALANGKA RAYA - Anggota DPRD Kalteng, Henry mengatakan SDM di Kalteng ini perlu terus ditingkatkan agar berkualitas serta memiliki skill yang mumpuni dan mampu bersaing dalam dunia kerja.

Menurut Henry saat ini kualitas SDM Kalteng masih tergolong kurang atau belum memadai, sehingga visi misi kepala daerah dalam rangka meningkatkan kualitas SDM perlu dilaksanakan dengan maksimal.

"Ketika kita melaksanakan RDP dengan mitra dari pemprov beberapa waktu lalu, membahas pelatihan tenaga kerja anggaran yang disediakan yakni Rp 2,8 miliar. Kami menilai ini masih kecil, artinya daerah masih kurang memperhatikan peningkatan SDM," ujarnya, Jumat, 1 Juli 2022.

Henry menambahkan apabila perhatian itu kurang maka dampak negatifnya SDM Kalteng akan jauh tertinggal dari SDM luar, dampaknya akan banyak tenaga kerja dari luar berdatangan ke Kalteng, sehingga membuat SDM provinsi ini kalah bersaing.

"Supaya dapat maksimal, anggaran yang ada perlu ditambah, sehingga nanti peningkatan kualitas SDM di Kalteng bisa dilakukan secara merata. Ketika kita memiliki SDM memadai maka perusahaan akan memberdayakan masyarakat lokal karena memiliki kemampuan atau skill," jelasnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga diharapkan agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya untuk memberdayakan masyarakat lokal yang ada, sehingga dari situ akan tercipta masyarakat yang sejahtera.

" Jadi, selain peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan, pemda perlu juga membuka lapangan pekerjaan. " pungkasnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments