P. Raya

HUT PMI Ke- 78 Tahun

PALANGKA RAYA - H. Nuryakin sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalteng menghadiri Upacara Peringatan HUT PMI ke-78 Tingkat Nasional yang digelar terpusat  di Tangerang Volunteer Park, di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Senin (18/9/2023). Peringatan PMI dihadiri secara virtual oleh Sekda H. Nuryakin dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Provinsi  Kalteng, Selasa (18/9/2023).

Tema yang diusung pada peringatan PMI tahun ini adalah “Menolong Sepenuh Hati” yang artinya segenap Pengurus, Staf dan Relawan yang bertugas harus bekerja keras dan Ikhlas demi kemanusiaan. Mengutip laman Kemdikbud RI, PMI merupakan organisasi kemanusiaan pertama dan terbesar di Indonesia saat ini.

PMI bertugas memberikan bantuan dan layanan pada masyarakat korban konflik, bencana, krisis kesehatan, mendiseminasikan nilai-nilai kemanusiaan dan hukum humaniter internasional. Selain itu, PMI juga memiliki unit donor darah di setiap kota untuk memenuhi kebutuhan darah di masyarakat.

Ketua Umum PMI Pusat H.M Jusuf Kalla saat pimpin Upacara menyampaikan Hari PMI diperingati pada tanggal 17 September setiap tahunnya. PMI didirikan pada 17 September 1945, artinya sebulan setelah hari Kemerdekaan Indonesia.

“PMI sangat penting, karena waktu itu, kita banyak mengalami tantangan hingga harus ada Palang Merah yang berdiri independen untuk menolong masyarakat,” Kata  H.M Jusuf Kalla.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo dalam sambutannya menyampaikan PMI adalah ruang gotong royong untuk belajar mengaktualisasikan dan meningkatkan berbagai nilai seperti dedikasi, empati dan kesukarelaan.

“Sangat wajar jika PMI saat ini adalah salah satu pilar penting kemanusiaan di Indonesia,” Ujar Menpora.

Bertepatan dengan HUT PMI ke-78, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, secara resmi meresmikan Monumen Covid-19.

HUT PMI dihadiri Bupati Tangerang Zaki Iskandar, Ketua PMI Provinsi Banten Tatu Chasanah, dan Ketua PMI Kabupaten Tangerang Soma Atmaja Tengah.

  

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments