P. Raya

Puncak Acara HUT PMI Yang Ke- 78 Tahun di CFD

PALANGKA RAYA - Komisi III DPRD Provinsi Kalteng Dra. Siti Nafsiah, M.si,.Sekaligus Wakil Ketua PMI Provinsi Kalteng menghadiri kegiatan Pembukaan Dialog Pembinaan dan Peningkatan Peran Serta Keterlibatan Ormas Sebagai Mitra Pemerintah dalam Menyukseskan Pemilu Tahun 2024. Kegiatan  dilaksanakan di Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, di Aula Eka Hapakat Lantai III, Selasa (19/9/2023).

Saat ditemui usai kegiatan Dra. Siti Nafsiah, M.si. Mengatakan,  HUT PMI Ke - 78 Tahun , yaitu tanggal 17 September kemarin serentak dilaksanakan di seluruh di  Indonesia.  Pelaksanaanya tanggal 17 September tahun 2023,  satu bulan setelah hari kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan agustus, PMI lahir (Palang Merah Indonesia) tanggal 17 September 1945.

Sebulan setelah Negara kita berulang tahun PMI Berulang tahun juga, sehingga sama dengan ulang tahun  hari kemerdekaan Republik indonesia 78 tahun hari  kemerdekaan,  PMI juga berulang tahun  Ke- 78.

Dalam rangka HUT PMI yang Ke 78 tahun dilaksanakan kegiatan kegiatan sesuai intruksi dari PMI Pusat, tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah. Kalau di Kalteng sendiri saat ini lagi terkena kabut asap beberapa minggu kemarin, jadi kegiatannya berkenaan dengan Membantu mensosialisasikan memakai masker.

Di musim kemarau juga rawan dengan kebakaran sehingga PMI kegiatan saat ini membantu masyarakat yang terdampak kabut asap dan kegiatan yang berkaitan dengan kebakaran hutan lahan, seperti membantu pemadam kebakaran lahan dan  penyediaan sarana air bersih serta pelayanan kesehatan

PMI sendiri dalam menangani donor darah di provinsi Kalteng belum cukup memadai sehngga belum terpenuhinya stok darah kita.  Kebutuhan darah di kota Palangka Raya itu perbulannya 1500 lebih kantong darah sementara PMI (Palang Merah Indonesia) hanya punya unit transfusi darah di tiga tempat saja, di Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur dan Kota Palangka Raya.

Puncak acara HUT PMI Ke - 78 Tahun, dilaksanakan di depan Halaman TVRI, CFD jalan Yos Sudarso, dengan kegiatan salah satunya donor darah dana pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments