Barut

Infrastruktur Jadi Prioritas Pemerintah Daerah Barito Utara

MUARA TEWEH - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, telah melaksanakan Musrenbang. Kali ini di Kecamatan Gunung Timang pada Selasa (21/2/2023). Musyawarah Perencanaan Pembangunan  yang merupakan agenda rutin tahunan.

Kegiatan dilaksanakan di Kantor Kecamatan setempat dan dihadiri oleh Ketua DPRD Barito Utara, Ir. Hj. Mery Rukaini, M.IP., Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Gazali S.Sos, M.AP didampingi Kepala Bapedda Litbang, Ir. H. Jainal Abidin M.AP, Kepala perangkat daerah,  unsur Tripika, Kepala desa, BPD serta tamu undangan lainnya.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah dalam sambutan yang yang dibacakan Gazali  S.Sos menyampaikan Hasil kesepakatan pada musrenbang ini akan digunakan sebagai bahan masukan untuk menyempurnakan rancangan rencana kerja pemerintah daerah RKPD tahun 2024.

Kemudian kata dia, musrenbang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan yang menjadi landasan penyusunan RAPBD tahun 2024.  Adapun sasaran pokok pembangunan yaitu meliputi peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur jalan jembatan, pengembangan jaringan listrik, telekomunikasi dan informasi, pendidikan, peningkatan fasilitas dan tenaga pendidik.

Kemudian bidang kesehatan dengan penurunan stunting, angka kemiskinan, dan prioritas lainnya yang berhubungan langsung dengan kemasyarakatan. Menurut Gazali, melalui musrenbang ini secara formal membicarakan rencana rencana prioritas program kegiatan pembangunan yang disesuaikan dengan peraturan yang berlaku serta kemampuan anggaran daerah.

Kepala Bappeda Jainal Abidin mengatakan, Ada beberapa prioritas yang menjadi pembahasan dalam musrenbang Kecamatan Gunung timang. Diantaranya peningkatan infrastruktur jalan di beberapa desa, peningkatan fasilitas komunikasi, pembangunan puskesmas di beberapa desa yang jauh dari jangkauan fasilitas kesehatan.

Selanjutnya bidang pendidikan dengan penambahan pembangunan gedung sekolah, bantuan kredit usaha rakyat terutama di bidang pertanian serta dukungan dalam penurunan angka stunting ditingkat desa yang berada di kecamatan Gunung Timang.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments