P. Raya

Inovasi Dekranasda Kalteng Melalui tokokaltengberkah.com

PALANGKA RAYA - Pandemi Covid-19 memaksa para pelaku usaha, khususnya sektor Industri Kecil Menengah (IKM) merubah cara pandang dalam melakukan promosi, komunikasi serta distribusi. Adaptasi kebiasaan baru dalam berbagai kebijakan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mengubah gaya hidup masyarakat didalam aktifitas jual dan beli.

Data menunjukkan bahwa estimasi pertumbuhan pekerja sektor Ekraf di Indonesia berada di angka -2,49%. Sementara dari data yang sama, dibandingkan tahun sebelum pandemi, pertumbuhan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari sektor Ekraf menjadi -2,39%. Adanya penurunan angka ini tentu memberikan dampak besar bagi ekonomi nasional.

Digitalisasi menjadi salahsatu kunci untuk dapat bertahan, pelaku usaha dituntut bergerak cepat untuk beradaptasi. Berdasarkan data dari YouGov, yang dikutip dari Facebook for Business, penggunaan media social naik hingga 38% selama pandemi Covid-19. Angka tinggi ini sudah selayaknya ditangkap sebagai peluang bagi pelaku Ekraf di Indonesia untuk melakukan digitalisasi, tidak terkecuali di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran melakukan terobosan untuk memfasilitasi para pelaku IKM dengan membuat media Perdagangan Elektronik atau yang biasa kita sebut dengan E-commerce melalui website www.tokokaltengberkah.com.

E-commerce merupakan aktifitas penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang dan jasa yang mengandalkan system elektronik, seperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya.

“Ibu Ivo Sugianto Sabran telah banyak sekali memperhatikan para pengrajin di Kalimantan Tengah terutama sekali bukti nyata bahwa sudah adanya Central Borneo Souvenir yang adalah satu wadah bagi para pengrajin Kalteng untuk memasarkan produk-produk unggulannya,” ucap Sekretaris Dekranasda Kalteng Sayid Zainudin saat ditemui di CBS, Jumat 25 Maret 2022 malam tadi. 

Pihaknya menyebut akan melakukan launching pada bulan april setelah kegiatan pelantikan Ketua dan pengurus Dekranasda Kalteng.

“Tokokaltengberkah ini sebetulnya sudah ada di PlayStore bisa didownload bahkan websitenya sudah ada cuman saat ini belum dilaunching jadi belum bisa membeli kecuali nanti sudah launching baru bisa dibuka pembelian dan pembayaran dan sebagainya bisa dibuka semua. Rencana kita masih meminta jadwal karena ini masih ada rangkaian acara pelantikan ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah dan tentunya nanti akan dilantik oleh ketua Dekranas Pusat, Ibu Hj Maaruf Amin. Beliau kesempatannya kami usulkan pada bulan April di minggu kedua mudah-mudahan nanti pada jadwal yang ditentukan beliau berkenan dan sekaligus kita launching tokokaltengberkah.com,” jelas Sayid.

Sayid menyebut antusias para pengrajin sangat tinggi untuk bisa berpartisipasi nantinya didalam aktifitas jual dan beli di E-Commerce.

“Terus terang dari para pengrajin sangat berantusias sekali banyak yang menghubungi kita untuk bisa memasukan produk-produk unggulan mereka dari daerahnya masing-masing,” kata Sayid.

Pihaknya berharap E-Commerce tokokaltengberkah.com dapat menjadi wadah untuk pelaku IKM dalam memasarkan produknya dengan skala yang lebih luas lagi, serta untuk produk-produk Kalteng bisa dikenal luas sampai ke mancanegara.

“Harapan ibu Ketua untuk tokokaltengberkah ini beliau sangat memberikan perhatian penuh. Jadi kita bahkan program-program lainnya seperti promosi keluar daerah dan sebagainya kita agak menahan diri dulu karena ini adalah salah satu terobosan beliau bahwa tokokaltengberkah ini merupakan wadah bagi para pengrajin Kalteng untuk bisa eksis di dunia usaha serta bisa berkontribusi untuk membangkitkan perekonomian,” tutup Sayid.

 (Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments