P. Raya

Ivo Sugianto Sabran Hadiri Launching Fbim, E-Commerce Tokokaltengberkah.Com Dan Film Pendek Pariwisata “Menjemput Mimpi Di Tanah Berkah”

PALANGKA RAYA – ketua dewan kerajinan nasional dearah provinsi kalimantan tengah (dekranasda kalteng) ivo sugianto sabran menyampaikan program dekranasda prov kalteng pada tahun 2022 ini fokus lebih banyak ke pembinaan baik melalui pelatihan dan bimbingan teknis dan promosi. Hal ini disampaikan ketua dekranasda prov. Kalteng pada launching festival budaya isen mulang (fbim), e-commerce tokokaltengberkah.com dan film pendek pariwisata “menjemput mimpi di tanah berkah” yang diselenggarakan secara hybrid, terpusat di aula jayang tingang lantai ii kantor gubernur kalteng, selasa 26 april 2022.

Ketua dekranasda ivo sugianto sabran mengatakan keberadaan central borneo souvenir sebagai pusat pemasaran hasil produk kerajinan para perajin dan ikm se-kalteng sangat membantu dan dirasakan manfaatnya. Trend penjualanpun semakin hari semakin meningkat dan tentunya kesejahteran para perajin pun meningkat.

“Di tahun 2022 ini dekranasda prov. Kalteng sudah membangun pemasaran melalui platform digital yaitu e-commerce dengan nama tokokaltengberkah.com atau bisa disebut juga dengan tabe.com yang diperuntukkan buat perajin dan ikm kalimantan tengah untuk berjualan secara online”, tuturnya.

Disampaikan juga bahwa sebelum dekranasda membangun e-commerce, para perajin dan ikm yang tergabung sebagai mitra central borneo souvenir – dekranasda prov. Kalteng sebanyak 65 perajin dan ikm termasuk para desainer yang tersebar di kabupaten/kota se-kalteng, sedangkan khusus binaan dekranasda prov. Kalteng selama ini kurang lebih sebanyak 300 perajin dan ikm juga tersebar di kabupaten/kota se-kalteng.

Ivo menjelaskan, berbagai pelatihan dan bimbingan teknis telah dilakukan baik secara mandiri maupun bersama-sama dengan instansi terkait untuk mendorong perajin tetap berkarya, meningkatkan kualitas dan kuantitas produk untuk daya saing produk kerajinan yang berbasis kearifan lokal dengan selera global melalui pengembangan inovasi, desain, kreatifitas dan effesiensi guna memenuhi pasar dalam dan luar negeri.

“Terlihat beberapa ikm kita menunjukan kinerja yang positif baik dari sisi kesejahteraan maupun produknya. Sudah ada yang mulai merambah pasar luar negeri seperti kerajinan anyaman purun, batik khas kalteng, dan kerajinan getah nyatu. Upaya lainnya menyiapkan regenerasi sumber daya manusia (sdm)/perajin yang unggul pelatihan sumber daya manusia kerajinan getah nyatu yang merupakan produk unggulan khas kalteng. Berbagai promosi telah dilaksanakan dalam rangka mendukung dan memperkenalkan produk unggulan kerajinan khas kalteng seperti pameran baik offline maupun online. Produk-produk khas kalteng yang berbahan dasar rotan pun sangat diminati oleh konsumen lokal dan pendatang dari luar daerah kalteng”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, ketua dekranasda kalteng memberikan informasi ke khalayak umum tentang visimisi dekranasda, informasi, awareness, campaign support local product, local wisdom (kearifan local), figure local (para ikm kalteng) melalui sosial media yang diperuntukkan kepada masyarakat agar mendapatkan informasi lebih baik tentang produk-produk lokal daerah, edukasi dan bijak dalam berbelanja. Upaya lain adalah dalam rangka mendukung program pemerintah guna mempercepat recovery ekonomi tidak hanya kepada perajin tetapi kepada para umkm kuliner pun, difasilitasi dengan membuka dekranasda cafe setiap jumat-sabtu malam yang mana kegiatan ini sangat membantu umkm kalteng dan dimana dekranasda cafe menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat kota palangka raya untuk menikmati kuliner dan bersantai bersama keluarga di saat-saat weekend karena tempatnya sangat strategis berada di jalan utama persisnya di halaman gedung dekranasda prov kalteng jl. Imam bonjol nomor 21 palangka raya. Upaya berikutnya adalah seiring transformasi ke arah digital, dekranasda kalteng mencoba membangun e-commerce untuk memfasilitasi para perajin dan ikm se-kalteng untuk memasarkan dan mempromosikan hasil produksinya secara online, maka lahirlah tokokaltengberkah.com atau kalau disingkat dengan sebutan tabe.com.

“Perlu kami informasikan bahwa ecommerce ini didukung sepenuhnya oleh bapak gubernur kalimantan tengah”, pungkasnya.

Launching dihadiri secara langsung dan virtual oleh forkopimda prov. Kalteng, sekretaris daerah prov. Kalteng, staf ahli gubernur, asisten setda, kepala perangkat daerah prov. Kalteng, organisasi perempuan prov. Kalteng, bupati/walikota se-kalteng, pimpinan perbankan/istansi vertikal, penggiat sosial media/ influencer dan pelaku seni, serta ketua organisasi dan sanggar seni.


(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments