P. Raya

Kadis PMPTSP Prov. Kalteng hadiri Workshop Penyusunan Bahan Promosi Penanaman Modal di Kalimantan Tengah Tahun 2023

PALANGKA RAYA – Staf Ahli Gubernur Kalteng  Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Suhaemi berkesempatan membuka acara Workshop Penyusunan Bahan Promosi Penanaman Modal di Kalimantan Tengah Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Provinsi Kalimantan Tengah.

Sambutan Sekretaris Daerah Prov. Kalteng yang dibacakan oleh Sahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM Suhaemi memaparkan pentingnya investasi dalam meningkatkan perekonomian, baik daerah maupun nasional, yang berperan besar sebagai akselerator dalam memacu pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah, memperluas lapangan kerja, dan tentunya juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kalimantan Tengah sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki prospek peluang investasi yang sangat bagus, terlebih dengan kekayaan potensi sumber daya alam melimpah yang tersebar di 14 kabupaten/kota. Oleh karena itu, menentukan potensi investasi yang dapat menarik minat investor dalam dan luar negeri harus menjadi prioritas dalam menyusun dan mengembangkan strategi promosi penanaman modal di Kalteng.

“Sinergi dan kolaborasi semua stakeholders terkait mutlak diperlukan, untuk bersama-sama menyelaraskan langkah dalam pengembangan strategi promosi penanaman modal, guna mewujudkan iklim investasi yang kondusif, aman, ramah, serta ditunjang infrastruktur memadai dan kemudahan berusaha, sehingga mampu menarik minat banyak calon investor,” papar dia pada Kamis 30 Maret 2023.

epala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Prov. Kalteng Sutoyo dalam laporannya menyebut bahwa kegiatan workshop ini baru pertama kali dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Tengah, yang bertujuan dalam rangka menyusun bahan-bahan promosi penanaman modal di Prov. Kalteng, mengkoordinasikan dan memfasilitasi dalam hal identifikasi peluang-peluang usaha atau investasi yang ada di Kalteng, dengan maksud untuk mengumpulkan, mengkompilasi dan menganalisa data dari berbagai sumber atau multi stakeholder di Kalteng yang nantinya akan dikumpulkan dari DPMPTSP Kabupaten/Kota se Kalteng, serta penyampaian gambaran penting ready to offer sebagai sumber data informasi bagi investor yang ingin mengembangkan usahanya di Kalteng.

Pada kegiatan ini menghadirkan narasumber Direktorat Pengembangan Promosi Penanaman Modal Kementrian Investasi Gatot Subyargo Wijayadi Ahli Madya Penata Promosi Penanaman Modal Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru dan Pasifik dan Akademisi dan penulis Universitas Bina Nusantara Jakarta Sri Bramantoro Abdinagoro, serta peserta workshop dari DPMPTSP Kabupaten/Kota Se-Kalteng.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments