P. Raya

Kadisdik Mengajak Mahasiswa Program Pengentasan Kemiskinan Dan Stunting

PALANGKA RAYA - Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Muhammad Reza Prabowo mengatakan bahwa Pemerintah provinsi  Kalteng melalui Disdik Kalteng mengajak para Mahasiswa Penerima Beasiswa Tabe Berkah untuk melakukan Pengabdian Masyarakat melalui program Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat Kalteng (PMMK) Berkah. 

"Bapak Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran seperti yang kita ketahui bahwa beliau sangat peduli akan pengentasan kemiskinan dan stunting di Kalteng, untuk itu dibuka kesempatan bagi mahasiswa penerima Tabe Berkah dapat berkolaborasi untuk bersama mengentaskan kemiskinan dan stunting di Kalteng. Saat ini Pak Gubernur akan merekrut 500 Surveyor," kata Reza di ruang kerjanya, Rabu (21/2/2024).

Reza menambahkan bahwa PMMK Berkah ini akan fokus pada pendataan masyarakat miskin dan sangat miskin yang ada di Kalteng, berdasarkan kondisi ekonomi, latar pendidikan, dan kondisi kesehatan, pendataan akan berlangsung selama 60 hari. Reza berharap data yang diperoleh dapat dipergunakan oleh Pemprov Kalteng untuk mengentaskan kemiskinan dan stunting di Kalteng.

"Perekrutan ini disambut baik oleh para perwakilan Hima dan BEM dimana mahasiswa dan pemerinta provinsi dapat berkolaborasi dalam Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat Kalteng (PMMK) Berkah. Jadi PMMK ini nantinya akan turun langsung ke lapangan menemui masyarakat untuk melakukan pendataan yang akan dilakukan selama 2 bulan," tambahnya.

Reza menyebutkan bahwa saat ini Disdik Kalteng telah menetapkan 500 (lima ratus) orang calon Surveyor yang berasal dari seluruh mahasiswa penerima Beasiswa TABE Berkah tahun 2024 berdasarkan asal domisili pada saat pendaftaran Beasiswa Tabe Berkah. Dirinya juga menghimbau kepada seluruh calon surveyor agar dapat mengkonfirmasi kesediaan melalui staff  Disdik Kalteng Nomor WA 0852-1616-9497 An. Rajikin.

"Pada kesempatan ini dirinya juga menghimbau kepada calon surveyor yang sudah ditetapkan untuk segera menyiapkan diri untuk membantu mensukseskan program ini," ucapnya.

Bagi mahasiswa yang juga merupakan penerima Beasiswa Tabe Berkah tetapi ingin mengabdi dan berkontribusi dalam program ini dapat menghubungi nomor WA tersebut di atas. Adapun fasilitas yang disiapkan oleh dinas pendidikan untuk mendukung program pengabdian ini, antara lain, insentif per bulan, atribut PMMK Berkah, fasilitas alat transportasi khusus pendataan pada wilayah terpencil (Speed Boat, Mobil Double Gardan, Motor Trail), fasilitas pelatihan gratis, dan mendapatkan piagam penghargaan dari Gubernur Kalteng.

"Kami juga akan menyiapkan beberapa fasilitas, termasuk alat transportasi untuk teman-teman PMMK Berkah yang nantinya ke lapangan, terutama di daerah yang sulit dijangkau, kita akan berikan pelatihan juga bagi teman-teman, sebagai bentuk upaya agar program ini nantinya dapat berjalan dengan lancar," pungkasnya.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments