Kalteng

Kalangan Dewan Usulkan Alat Kelengkapan Damkar di Perdesaan

KUALA PEMBUANG - Dalam menyikapi kesiapan terhadap bencana alam yang sering terjadi di Seruyan seperti kebakaran lahan setiap kemarau, Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo menghimbau kepada pemerintah daerah agar melengkapi alat pemadam kabakaran (Damkar) di wilayah perdesaan.

Menurutnya alat pemadam kebakaran sangat di perlukan oleh masyarakat  sebagai upaya pencegahan kebakaran di wilayah setempat. Dengan adanya peralatan pemadam kebakaran yang siap di gunakan tentunya pihak desa bisa melaksanakan pencegahan kebakaran lahan sehingga tidak meluas.

“Dengan adanya peralatan pemadam kebakaran di setiap desa maka apabila ada peristiwa kebakaran lahan masyarakat desa bisa bergerak cepat mengatasi hal tesebut karena sudah didukung dengan peralatan yang tersedia,” katanya Senin 31/10/2022.

Ketua DPRD Seruyan, menyampaikan bahwa hampir disetiap desa saat ini telah telah terbentuk kelompok-kelompok masyarakat  peduli api (MPA), yang tentunya telah dilatih dalam penangan dan pencegahan kebakaran lahan, sehingga selaras apabila disiapkan pula peralatan sebagi penunjang kegitan tersebut, agar bisa mencegah terjadinya bencana kebakaran saat musim kemarau panjang.

“Karena dalam penangan kebakaran akan lebih efektif apabila melibatkan semua pihak, baik dalam hal pencegahan ataupun penangan kebaran, sehingga kesiapan di tingkat desa yang merupakan ujung tombak bencana kebakaran perlu didukung sehingga upaya pencegahan kebakaran lahan bisa teratasi,” jelasnya.

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments