P. Raya

Kapolda Kalteng Hadiri Upacara Peringatan HUT RI Ke-79 di Kantor Gubernur. 

PALANGKA RAYA - Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, didampingi Ketua Bhayangkari Kalteng Ibu Irna Djoko menghadiri upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 di Halaman Kantor Gubernur, Jl. RTA. Milono Km.01, Kota Palangka Raya, Sabtu (17/08/2024) pagi.

Dalam upacara yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mewakili Gubernur H. Sugianto Sabran selaku Inspektur upacara (Irup) tersebut, juga turut dihadiri Danrem 102 Panju Panjung, Ketua DPRD Kalteng, unsur Forkopimda serta sejumlah pejabat utama Polda.

Kapolda Kalteng melalui Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji, S.IK., M.Si. yang juga ikut menghadiri upacara menjelaskan bahwa tema yang diangkat dalam peringatan HUT RI ke-79 kali ini ialah 'Nusantara Baru, Indonesia Maju'.

"Tema tersebut diambil karena mengandung makna yang dalam, yaitu mencerminkan semangat kebangkitan nasional untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Erlan juga mengatakan, upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih yang diiringi lagu Indonesia Raya, selanjutnya menghingkan cipta dan pembacaan teks Pancasila serta sambutan Gubernur Kalteng yang dibacakan oleh Irup.

Ia menjelaskan bahwa pada sambutannya Wagub mengingatkan terkait beratnya perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan dari penjajah, dengan mengorbankan harta dan jiwa raga.

"Menurutnya juga peringatan HUT RI kali ini sangat istimewa, karena digelar pertama kali secara nasional di Kalimantan Timur, Ibu Kota Nusantara (IKN)," tutur Erlan.

Diakhir kesempatan, Kabidhumas mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-79. Semoga momentum hari kemerdekaan ini dapat menjadikan Indonesia semakin kuat, maju dan sejahtera. 

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments