P. Raya

Kasus Omicron di Kalteng Masih Belum di Temukan 

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul mengatakan situasi COVID-19 di Kalimantan Tengah masih terkendali dan hingga Jumat 14 Januari 2022 belum ditemukan kasus Omicron.

Apapun bentuk varian COVID-19 yang penularan melalui pernapasan, sebetulnya dapat ditangkal dengan penggunaan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Ia mengungkapkan bahwa saat ini penerapan prokes oleh masyarakat semakin longgar.

Lanjut Suyuti, langkah-langkah menghadapi varian Omicron belajar dari varian Delta, Pemprov Kalteng sudah mempersiapkan 1.627 ruang isolasi, 650 tabung oksigen dan ketersediaan obat-obatan.Sementara capaian vaksinasi di Kalteng, vaksin 1 sampai dengan hari ini sudah mencapai 82 persen, dan vaksinasi dosis 2 sudah mencapai 42 persen.

Dijelaskannya, berdasarkan referensi kecepatan dan tingkat serangan Omicron, maka kesiapsiagaan Kalteng adalah mempersiapkan rencana pemantapan PPKM Mikro, merencanakan isoter pada individu tertentu, meningkatkan surveilans (3T) dengan update terbaru gejala Omicron selain yang sudah ada.

Lalu, mempersiapkan masyarakat dalam tindakan karantina mandiri di rumah (prosedur dan pengawasan), kesiapsiagaan pada semua fasilitas kesehatan.

"Jika Omicron dicurigai menjadi penyebab peradangan jantung sampai kematian, maka perlu adanya pengamatan terhadap peningkatan kasus sakit dan kematian karena penyakit jantung di rumah sakit, setelah adanya lonjakan kasus Omicron pada transmisi lokal (masih penelitian di WHO)," tandasnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments