P. Raya

Kelurah Palangka Raya Kembali Laksanakan Kegiatan Sapa Anak Kos

PALANGKA RAYA - Palangka Raya bisa dikatakan merupakan miniaturnya Indonesia, dimana didalamnya terdapat banyak penduduk dari beragam suku, budaya dan beberapa predikat yang disandangnya salah satunya yakni sebagai Kota Cantik yang menjadi tempat berbagai banyak ragam agama, masayarakatnya ramah, dan para pelajar serta mahasiswa/i dari berbagai penjuru indonesia yang studi di Palangka Raya.

Tentunya kondisi tersebut menjadikan Palangka Raya sebagai tempat tinggal sementara bagi para pelajar dan mahasiswa/I selama mereka studi, baik dalam bentuk rumah kontrakan atau kos-kosan. Sebagai wujud kepedulian pemerintah kota Palangka Raya, khususnya Kelurahan Palangka dalam memantau dan mengontrol para warga pendatang dari kalangan pelajar dan mahasisw/i tersebut, maka Camat Jekan Raya Untung Sutrisno, bekerjasama dengan unsur yang terkait seperti Danramil dan Kapolsek untuk melaksanakan kegiatan "sapa anak kos" di 3 lokasi rumah kos yakni Kosh Bogani, Kosh Theer Monday dan Kos Ratmakan.

Kegiatan sapa anak kos ini dipimpin langsung oleh Camat Palangka Raya Untung Sutrisno, dimana dalam sambutannya disampaikan terkait pentingnya upaya antisipasi penghuni kos/asrama tersebut dalam menghadapi lingkungan yang bersih, dan keaman di daerah kosh mereka tinggal.

“dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pelajar dan mahasiswa/I tidak ragu untuk berkomunikasi dengan pihak kelurahan, kecamatan, atau aparat keamanan jika ada kebutuhan atau masalah," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, kapolsek pahandut AKP Volvy Apriana menyatakan, kos-kosan menjadi lokasi yang perlu diperhatikan terkait potensi risiko keamanan.

“Kami ingin mengingatkan kepada adik-adik penghuni kos untuk lebih waspada, terutama terhadap pencurian kendaraan bermotor dan juga barang-barang berharga di dalam kamar kos danpastikan kendaraan bermotor terkunci dengan baik, terutama kunci setangnya, belakangan ini, kami mencatat adanya peningkatan kasus kebakaran di kota palangkaraya, yang sering kali disebabkan oleh korsleting listrik " tegasnya.

Ia juga menjelaskan, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi para penghuni kos di kelurahan palangka. Di tempat yang sama, hadir dalam acara program ini Danramil 1016-01 Pahandut, Mayor INF Rudiyanto. Ia mengeluarkan imbauan penting terkait keamanan dan keselamatan.

“Kami mengimbau agar mereka selalu melaporkan diri kepada rt setempat. Hal ini penting untuk menjaga komunikasi dan memastikan keselamatan mereka selama berada di luar rumah," katanya.

Ia juga menegaskan kembali pentingnya menjaga barang berharga dan memastikan keamanan listrik, selaras dengan apa yang disampaikan oleh kapolsek. Upaya ini merupakan bagian dari inisiatif bersama pihak keamanan untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh penghuni kos di wilayah Palangka Raya.

Para penghuni diharapkan dapat lebih waspada dan melakukan langkah-langkah pencegahan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Selama kunjungan, pihak pemerintah memeriksa tiga lokasi kos dan memastikan semua dalam keadaan aman. Mereka juga memberikan arahan kepada pengelola kos untuk terus berkoordinasi dengan aparat keamanan di tingkat RT dan kelurahan.

Turut hadir Camat Jekan Raya Untung Sutrisno, Lurah Palangka Raya Dawid, S.Sos, Kapolsek AKP Volvy Apriana beserta jajarannya, Mayor INF Rudiyanto beserta jajarannya, dan para awak media.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments