P. Raya

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Total Transaksi Keuangan Mencapai ± 20 Miliar Rupiah

PALANGKA RAYA - Pada penutupan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dan Festival Kuliner Nusantara (FKN) Provinsi Kalteng Tahun 2024.  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari selaku Ketua Panitia FBIM melaporkan bahwa kegiatan FBIM dan FKN tahun 2024 ini diikuti oleh 14 kabupaten/kota se-Kalteng dan sampai hari terakhir kegiatan, dari 21 cabang yang dilombakan, diikuti oleh 5.691 peserta lomba.

“Jumlah tersebut memberi dampak yang besar bagi perputaran ekonomi, dan tentunya dirasakan oleh masyarakat yang terlibat langsung di dalamnya. Tercatat keikutsertaan 73 mobil hias dan 22 perahu hias, 112 paket jasa sanggar, 215 sewa kontum, 150 jasa pembuatan kostum, dan produksi tari kolosal yang melibatkan ratusan orang penari, “dan semua aktivitas tersebut memicu transaksi keuangan ± sebesar 10 Miliar rupiah,"Jelas Adiah.

Selanjutnya, Festival Kuliner Nusantara yang diikuti oleh 40 pelaku usaha kuliner dengan perkiraan transaksi keuangan sebesar ± 200 juta rupiah. Bersama dengan itu pula dilaksanakan lomba Festival Kuliner Nusantara yang diikuti oleh 118 peserta.

Selain itu, penyelenggaranFBIM dan FKN tahun 2024 telah menyumbangkan peningkatan jumlah hunian hotel, wisma dan penginapan dengan transaksi keuangan mencapai 3 Miliar rupiah, dan kedua perhelatan ini juga telah memberi ruang bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta PKL, sampai dengan akhir kegiatan tercatat sebanyak 155 pelaku usaha yang berpartisipasi, dengan perkiraan transaksi ekonomi sebanyak 4 Miliar rupiah.

“Festival ini juga menjadi bagian dari Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia, yang telah menarik tidak kurang dari 90 ribu pengunjung dan sampai akhir kegiatan diperkirakan total transaksi keuangan, barang dan jasa mencapai ± 20 Miliar rupiah,"Ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kadisbudpar Provinsi Kalteng juga membacakan pemenang Lomba Karnaval Budaya untuk kategori Paguyuban/Komunitas, kategori SOPD/Instansi Vertikal/PTN/BUMN/Swasta dan kategori Kabupaten/Kota, juga Perahu Hias untuk kategori Umum, kategori SOPD dan kategori Kabupaten/Kota, serta juara umum FBIM tahun 2024 adalah sebagai berikut :

Lomba Karnaval Budaya Kategori Paguyuban/Komunitas; Juara I Bali Sanggar Sekar Jagad, Juara II Komite Seni Budaya Kota Palangka Raya, dan Juara III Eko Media Creative.Kategori SOPD/Instansi Vertikal/PTN/BUMN/Swasta, Juara I Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi  Kalteng, Juara II Dinas PUPR Provinsi  Kalteng, dan Juara III Dinas Perkimtan Provinsi Kalteng. Kategori Kabupaten/Kota, Juara I Kabupaten Kapuas, Juara II Kabuapten Pulang Pisau, Juara III Kota Palangka Raya,"Tuturnya.

Lomba Perahu Hias Kategori Umum, Juara I Kopat Borneo, dan Juara II Betang Main Kuntau Bakoi Salamat Kambe.Kategori SOPD, Juara I Perkimtan Prov. Kalteng, Juara II Dinas Perhubungan Prov. Kalteng, dan Juara III Dinas Dagperin Prov. Kalteng.Kategori Kabupaten/Kota; Juara I Kabupaten Murung Raya, Juara II Kabupaten Barito Utara, dan Juara III Kabupaten Barito Selatan. Kapal Hias Favorit; Korem 102/Pjg.

Sedangkan Juara Umum FBIM Tahun 2024, peraih medali emas terbanyak pada 9 cabang lomba adalah Kabupaten Barito Utara, yang berhak mendapat Piala Bergilir dan uang pembinaan sebesar 100 juta rupiah, dan ditambah lagi hibah pembangunan dengan nilai 25 Miliar dari Pemerintah Provinsi Kalteng

Hadir pada acara penutupan FBIM oleh, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Partowo beserta istri, Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran, Asisten Deputi Pemajuan dan Pelestarian Budaya Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Andre Notohamijoyo, Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sigianto Sabran, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Kalteng, FORKOPIMDA Provinsi  Kalteng, Bupati, Pj Bupati dan Pj Wali Kota serta Anggota FORKOPIMDA Kabupaten/Kota se-Kalteng, Sekda Provinsi Kalteng H.Nuryakin beserta istri, para Sahli Gubernur dan Asisten Sekda, Kepala OPD dan Kepala Instansi Vertikal lingkup Pemprov. Kalteng, mewakili pimpinan Perbankan, serta Pimpinan Perguruan Tinggi.


 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments