Nasional

Kepala Dislutkan Prov. Kalteng Kunjungi CV. Wahana Sejahtera Foods Jombang

JOMBANG – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berkomitmen untuk mendukung ketahanan pangan di Kalteng. Salah satunya adalah melalui sektor perikanan. Komoditas perikanan menjadi salah satu komoditas yang dipersiapkan untuk mendukung program Food Estate di Kalteng. Sektor perikanan dengan konsep budidaya ikan yang terintegrasi dengan pertanian diharapkan mampu mendorong Kalimantan Tengah menjadi lumbung pangan di Indonesia.

Berdasarkan hasil penelitian, industri perikanan dengan komoditas ikan patin sangat menjanjikan untuk dilakukan di Kalteng. Secara finansial dan dari sisi kelayakan lingkungan, industri perikanan Kalteng layak untuk dikembangkan karena industri perikanan ikan patin dengan unit industri berupa budidaya ikan patin, industri fillet ikan patin, dan pakan ikan dapat dilakukan. Hal ini karena mampu mengurangi pencemaran lingkungan dengan pemanfaatan limbah sebagai produk bernilai tambah.

Menindaklanjuti komitmen Gubernur Kalteng ini, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng Darliansjah melakukan kunjungan ke Provinsi Jawa Timur. Dalam kunjungannya ini, Kepala Dislutkan Prov. Kalteng bersama rombongan berkoordinasi dengan Dislutkan Prov. Jatim dan mengunjungi CV. Wahana Sejahtera Foods yang berada di Kabupaten Jombang.

Dalam kunjungan ini, Darliansjah yang didampingi Sekretaris Dislutkan Prov. Kalteng Nita Fera, serta perwakilan Dinas Perikanan Kabupaten/Kota di Kalteng disambut hangat oleh Pimpinan CV. Wahana Sejahtera Foods Jombang Samiyono.

“Kami sangat senang dan menyambut baik kehadiran Kepala Dislutkan Prov. Kalteng beserta rombongan ke tempat kami ini, semoga dengan kunjungan ini dapat menjadi awal kerja sama yang baik diantara kedua belah pihak, bagi Prov. Kalteng maupun bagi CV. Wahana Sejahtera Foods dan mencari solusi terbaik agar ekspor patin kita bisa sama-sama maju,” sambut Samiyono.

CV. Wahana Sejahtera Foods Jombang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengolahan dan pemasaran makanan, termasuk fillet ikan patin. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan makanan yang menyediakan komoditas fillet ikan patin yang siap ekspor ke Arab Saudi. Perusahaan ini telah mengekspor ikan patin ke Arab Saudi dan ekspor perdana dimulai pada 27 Mei 2019 bagi jamaah haji 1440 H / 2019 M.

Sebagai informasi, tercatat produksi budidaya ikan patin Kalteng tahun 2021 mencapai 33.567,14 ton. Capaian ini merupakan kontribusi dari lima kabupaten/kota penghasil ikan patin terbesar di Kalteng, yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, dan Kabupaten Barsel.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Kepala Diskan Kab. Kotim Ahmad Sarwo Oboi, Sekretaris Diskan Kota Palangka Raya Sugiyanto, Sekretaris Diskan Kab. Pulang Pisau Ida Surianie, Pembina Mutu Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kab. Kobar Ali Mahmudah, serta didampingi oleh perwakilan Dislutkan Prov. Jatim dan Diskan Kab. Jombang. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments