Barsel

Ketua DPRD Dan Pj Barsel Tanda Tangani Kesepakatan

BUNTOK - Unsur pimpinan DPRD dan Pj Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, menandatangani kesepakatan bersama terhadap KUA-PPAS tahun anggaran 2024 dan KUA-PPAS perubahan tahun anggaran 2023. Setelah melalui pembahasan yang sangat alot dan melelahkan, akhirnya KUA-PPAS 2024 dan KUA-PPAS perubahan tahun anggaran 2023 dapat terselesaikan dan dapat disepakati bersama oleh pemerintah dan DPRD Kabupaten Barito Selatan. Kesepakatan bersama itu dituangkan dalam penandatanganan kedua belah pihak melalui rapat sidang paripurna 8 masa persidangan II. Rapat paripurna itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Barito Selatan Farid Yusran .

Ketua DPRD Barito Selatan, Farid Yusran mengatakan  berdasarkan hasil pembahasan KUA-PPAS tahun anggaran 2024 mengalami penurunan. Penurunan itu dikarenakan belum diterbitkannya peraturan menteri keuangan terkait nilai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Bagi Hasil (DBH). Lebih lanjut dikatakan. Setelah peraturan menteri keuangan itu sudah diterbitkan ,dipastikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 Barito Selatan nilainya akan naik dari Rp1,1 triliun.

Farid juga menyampaikan  untuk anggaran 2024 mendatang akan lebih difokuskan pada pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) anggota legislatif (pileg) dan pemilihan presiden serta wakil presiden dan pemilihan kepala daerah (pilkada). Selain itu juga pada kegiatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Barito Selatan.

Dalam kesempatan itu ketua DPRD Barito Selatan juga menjelaskan bahwa untuk KUA-PPAS perubahan 2023 nilainya memang mengalami kenaikan . kenaikan itu dikarenakan adanya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) dan sedikit tambahan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu Pejabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan usai menghadiri rapat paripurna itu mengucapkan terima kasih atas ditandatanganinya persetujuan bersama  dia mengharapkan sinergitas dan harmonisasi antara Pemerintah dan DPRD akan berdampak positif pada peningkatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Barito Selatan .

Deddy Winarwan juga mengungkapkan prioritas-prioritas pembangunan akan tetap sejalan dengan prioritas presiden Republik Indonesia dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi dan prioritas pembangunan Barito Selatan. Rapat Paripurna dihadiri Wakil Ketua DPRD, Hj Nyimas artikadan Hj Enung Irawati , sejumlah anggota dewan serta sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat .

(Ary Mampas)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments