Kotim

Kotim Tingkatkan Kewaspadaan, “Status Tanggap Darurat” akhirnya ditetapkan

SAMPIT -Bertempat di Gedung Pusdalops Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin 11/09/2023, Rapat koordinasi mengenai kebakaran hutan dan lahan tahun 2023 telah digelar Pertemuan ini ditujukan untuk menetapkan status tanggap darurat terkait bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur tahun ini.

Dimana dari hasil musyawarah tersebut diputuskan untuk menaikkan status darurat bencana kebakaran hutan dan lahan menjadi "tanggap darurat" selama 14 hari ke depan.

Musyawarah yang dihadiri oleh Bupati H. Halikinnor, S.H., M.M., Sekretaris Daerah (Sekda), Asisten I dan II, unsur Forkopimda, kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), para camat, serta undangan yang terkait.

Keputusan ini didasari oleh beberapa pertimbangan, terutama terkait peningkatan titik hotspot di wilayah Kotawaringin Timur, dengan titik terbanyak berada di bagian selatan daerah ini. Selain itu, BMKG menyampaikan bahwa dalam 30 hari ke depan, potensi curah hujan juga diperkirakan rendah. Tak lupa pula peranan masyarakat sangat utama, harus proaktif memantau jika ada yang membakar lahan dengan sengaja harus segera melaporkan. Agar permasalahan ini bisa segera teratasi, karena dampaknya jika dibiarkan berlarut akan mengancam kesehatan itu sendiri.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments