Kapuas

KPK Geledah Kantor Bupati Kapuas 

KAPUAS - Komisi pemberantasan korupsi atau KPK melakukan penggeledahan di kantor Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah pada rabu 28 maret 2023. Pengeledahan itu sehubungan dengan telah ditetapkannya Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat beserta istrinya Ary Egahni sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan menggunakan rompi bertuliskan KPK, sejumlah petugas komisi pemberantasan korupsi tampak memasuki sejumlah ruangan di kantor Bupati Kapuas yang berlokasi di jalan pemuda Kuala Kapuas.

Dari pantauan Huma Betang.com, tim KPK masuk ke ruangan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang berada di lantai dua dan tak lama kemudian dua orang petugas KPK turun membawa sejumlah dokumen selanjutnya masuk ke ruangan Sekretaris Daerah Kapuas.Penggeledahan dilakukan tim KPK dimulai sekitar pukul 10.30 Waktu Indonesia Barat. Dalam penggeledahan ini tim KPK juga dikawal ketat dua petugas kepolisian  bersenjata lengkap. 

Setelah melakukan penggeledahan, sekitar pukul 15.30 waktu indonesia barat, tim KPK pun akhirnya keluar dari kantor bupati kapuas dengan membawa dua koper besar yang diduga berisikan sejumlah dokumen penting.

Terkait penggeledahan ini, Kapolres Kapuas Akbp Qori Wicaksono mengatakan, pihaknya dari polres Kapuas hanya melakukan pengamanan kepada petugas KPK sesuai surat permohonan pengamanan dari direktur penyidik KPK kepada pihak polres Kapuas.

Kemudian Polres Kapuas pun menurunkan sebanyak empat orang personel untuk pengamanan petugas KPK yang melaksanakan kegiatan penggeledahan baik di kantor bupati kapuas maupun juga di rumah pribadi Bupati Ben Brahim S Bahat di jalan Kenanga Kuala Kapuas. 

Sedangkan terkait penggeledahan yang dilakukan tim KPK di kantor Bupati Kapuas beserta hasilnya, menurut Akbp Qori Wicaksono hal itu merupakan kewenangan dari KPK.

Akbp Qori Wicaksono menambahkan, selain menurunkan empat personel, pihaknya dari polres kapuas juga mensiagakan sebanyak satu satuan setingkat pleton  personel polres kapuas untuk mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas dari adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh tim KPK di kabupaten kapuas.

Sedangkan terkait situasi keamanan di kapuas saat ini,  kapolres kapuas akbp qori wicaksono mengatakan  bahwa untuk situasi keamanan di wilayah hukum polres kapuas, sampai saat ini masih dalam keadaan aman dan terkendali.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments