P. Raya

Launching Sekolah Bersinar dan HUT SMAN 10 Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Launching Sekolah Bersinar Bersih Dari Narkoba sekaligus HUT SMAN 10 Palangka Raya, Provinsi Kalteng, diadakan di halaman Sekolah SMAN 10 Palangka Raya, Petuk Katimpun, Provinsi Kalteng, Selasa (21/11/2023). Sambutan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNNP) Provinsi Kalteng Joko Setiono,SH, SIK, M.Hum, yang diwakili Bintari Rahayu Kabid Umum BNNP Kalteng mengatakan, hasil penelitian BNN bekerjasama dengan PMB LIPI tahun 2018 menunjukkan bahwa trend prevalensi penyalahgunaan narkoba di Indonesia pada sektor pelajar dan mahasiswa sebesar 3,2 persen atau setara dengan 2.297.492, orang.

"Angka prevalensi pelajar SMA yang pernah pakai narkoba menempati menempati posisi pertama dibandingkan pelajar SMP dan mahasiswa."

Peredaran Penyalagunaan Narkoba yang menyasar kalangan generasi bangsa, terutama pelajar dan mahasiswa merupakan permasalahan yang serius, penanggulangan perlu ditangani secara masif, komprehensif  dan integral dengan langkah langkah yang menyeluruh.

Seluruh elemen bangsa baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha harus memiliki komitmen, partisipasi dan bersinergi dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

"Untuk itu perlu adanya  keterlibatan lembaga pendidikan dari segala jenjang khususnya di lingkungan sekolah karena mempunyai peran strategis. Pendidikan dan pengajaran yang baik akan menghasilkan bibit unggul untuk kemudian menjadi penerus bangsa yang dapat membawa Indonesia kearah yang lebih baik. Sekolah dapat menjadi garda terdepan dalam menyelamatkan bangsa dari berbagai ancaman termasuk Narkoba dengan cara berkontribusi nyata melakukan upaya upaya P4GN,"Tuturnya.

Lebih lanjut ditambahkan, salah satu program yang di galakkan oleh BNN dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah, adalah Program Sekolah Bersinar (bersih narkoba). Sekolah bersinar adalah satuan pendidikan atau sekolah yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat pelaksanaan program P4GN yang dilaksanakan secara masif.

"Sekolah bersinar bertujuan menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib serta bersih dari penyalahgunaan narkoba, dimana kegiatannya adalah terdapat upaya sekolah bersinar bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan tertib serta bersih dari penyalahgunaan narkoba," Imbuhnya.

BNN Provinsi Kalteng Telah mengembangkan  sekolah bersinar ini sejak tahun 2022. Sampai Sekarang terdapat lima (5) sekolah yang telah melaunching sekolah bersinar termasuk  (SMA Negeri 10  Palangka Raya ). “Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh SMA Negeri 10 Palangka Raya (Kepsek,Guru, DNA siswa) yang pada hari ini melaunching sekolah bersinar bertepatan dengan HUT SMAN 10 Palangka Raya,” tutupnya.

Kegiatan dihadiri oleh, Kepala Sekolah SMAN 10 Palangka Raya Saidul Abror, Kepala BNNP Provinsi Kalteng  yang Mewakili Bintari Rahayu, PLH Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng yang Mewakili, Babinsa,Kamtibmas Dan Lurah Petuk Katimpun.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments