P. Raya

Legislator ini Dorong Pemda Kembangkan Potensi Wisata Alam di Kawasan Hutan

Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah medorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota agar dapat mengembangkan potensi wisata alam yang ada di kawasan hutan Kalimantan Tengah.

Ia menilai, di setiap daerah provinsi ini memiliki potensi taman hutan raya, sehingga menurutnya perlu dikembangkan karena kedepan bisa memberikan dampak positif bagi daerah.

"Salah satu dampak positifnya yakni bisa menjadi tujuan wisata baru dan meningkatkan PAD. Kita melihat di Kalteng ini banyak potensi untuk pengembangan wisata alam di kawasan hutan atau tahura," ucapnya, Senin, 26 Desember 2022.

Dia mengatakan untuk mengembangkan potensi itu pemda dapat memanfaatkan dana bagi hasil sumber daya alam kehutan dan dana reboisasi (DBH-DR) melalui program strategis peningkatan daya tarik destinasi wisata.

Diungkapkannya, Kalteng harus bisa mencontohkan Provinsi Kalsel dalam upaya mengembangkan potensi tersebut, seperti mengembangkan tahura Sultan Adam. Dalam mengembangkan tahura itu Kalsel memanfaatkan DBH-DR.

Ia menjelaskan, provinsi Kalsel dalam memperhatikan tahura itu menguncurkan dana besar, namun timbal baliknya mereka juga mendapatkan tambahan PAD. Pada tahun 2022 ini mereka mendapatkan sekitar Rp 4 miliar dari tahura Sultan Adam tersebut.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments