P. Raya

Lima (5) Provinsi Prioritas Bidang Pertanian

PALANGKA RAYA - Acara Pembinaan Penyuluhan Pertanian dan petani di Wilayah Kalimantan Tengah Dalam Mendukung Peningkatan Produksi Padi dan jagung, bertapat di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Senin (11/12/2023). Giat ini dihadiri oleh  Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) H. Andi Amran Sulaiman beserta seluruh rombongan."

Dalam arahan dan sambutannya , Menteri Pertanian  H. Andi Amran Sulaiman menyampaikan Kementan merencanakan akan membuka 500.000 hektare lahan sawah pada awal Tahun 2024 mendatang.

“Daerah prioritas diantaranya Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Lampung. Lima provinsi ini yang menjadi penyangga pangan nasional. Kalau kami lihat Kalimantan Tengah bisa menjadi penyangga pangan nasional,"Ucap Andi.

Kami impikan Kalimantan Tengah menjadi penyangga IKN”,  secara umum menunjukkan pertumbuhan positif, hal ini terlepas dari peran tokoh tokoh para petani , kelembagaan pertanian serta para penyuluh pertanian yang tersebar di wilayahnya, "Pungkas H. Andi Amran Sulaiman.

Pada kesempatan tersebut, Mentan H. Andi Amran menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Kalteng berupa Benih Padi Inbrida dan Saprodi untuk luas 17.050 Ha (451,25 ton) senilai Rp. 8,5 Milyar dan Benih Jagung Hibrida untuk luas 1.000 Ha (15.000 kg) senilai Rp. 630 Juta.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments