P. Raya

Lohing Simo Dorong Pemda Maksimalkan Pengelolaan Taman Nasional di Kalteng

PALANGKA RAYA - Anggota DPRD Kalteng Lohing Simon mendorong pemda terutama pemprov agar dapat memaksimalkan pengelolaan taman nasional yang ada di Kalteng, agar dapat memberikan kontribusi positif bagi daerah dan masyarakat.

Pemda harus dapat mecontohkan sekaligus belajar dari pemgelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang ada di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Di mana taman nasional itu mampu memberikan kontibusi besar bagi Provinsi Jatim melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"TNBTS dapat dijadikan contoh dalam pengelolaan taman nasional, apalagi di Kalteng juga ada sejumlah taman nasional yang bisa dikelola dengan maksimal untuk wisata. Nah, dengan pengelolaannya maka diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dan juga pendapatan daerah," ujarnya, Jumat 24 Februari 2023.

Di Kalteng sendiri ada sejumlah taman nasional yang harus bisa dimaksimalkan pengelolaannya diantaranya seperti Tanjung Puting di Kotawaringin Barat (Kobar) dan Sebagau di Palangka Raya, kedua taman nasional ini memiliki potensi yang dapat bermanfaat bagi Kalteng.

Selain itu, memaksimalkan pemgelolaan taman nasional juga akan berdampak terhadap hal lain seperti terbukanya kesempatan kerja bagi masyarakat. Maka dari itu pihaknya meminta pemda supaya bisa memperhatikan dan meningkatkan baik sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukung taman nasioanl yang ada tersebut.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments