P. Raya

Lomba Jukung Tradisional Festival Budaya Isen Mulang 2022

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah gencar mempromosikan sektor pariwisata melalui festival budaya isen mulang yang diselenggarakan di Palangka Raya selama 6 hari,  mulai tanggal 17 hingga 22 mei 2022. Salah satunya melalui lomba jukung tradisional, di bawah jembatan kahayan kota Palangka Raya, Kamis 19 Mei 2022.

Tujuan diselenggarakannya lomba jukung tradisional adalah menggalakan olah raga dayung sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap olah raga tersebut karena sesuai dengan kondisi geografi kalteng yang dikenal dengan sebutan seribu sungai. Sekaligus memberikan tontonan yang bernuansa hiburan.

Kriteria lomba jukung tradisional antara lain peserta utusan pemerintah Kabupaten/Kota Se-Kalteng. Setiap regu kategori pria dan wanita terdiri dari 5 orang pendayung, 1 orang sebagai pengemudi dengan jumlah keseluruhan 1 regu adalah 6 orang. Untuk keamanan peserta maka diperkenankan menggunakan baju pelampung yang disediakan sendiri oleh peserta dan tetap memperhatikan prokes covid-19. Sistem penilaian lomba jukung tradisional adalah regu yang terlebih dahulu mencapai finish  menjadi juara.

Untuk juara lomba jukung kategori putra dimenangkan dari kab. Kapuas untuk juara I, kab. Barito utara juara II, dan Kab. Murung Raya juara III. Sedangkan kategori putri untuk juara I dari Kota Palangka Raya, juara II kab. Gunung mas, dan juara III Kab. Barito Utara.

(Hary Reymondo)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments