Kalteng

Marak Kasus Keracunan Ciki Ngebul, Dinkes Sekadau Tingkatkan Pengawasan

SEKADAU - Sejumlah anak-anak diberbagai daerah mengalami keracunan usai mengonsumsi ciki ngebul yang merupakan salah satu jajanan yang banyak digemari masyarakat, terutama anak-anak. Dinas Kesehatan, PP, dan KB Kabupaten Sekadau, terus melakukan pengawasan terhadap penjualan jajanan ciki ngebul di wilayah sekadau. Para pedagang juga dihimbau untuk tidak menjual produk makanan yang menggunakan nitrogen cair tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan, PP, dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius, meminta masyarakat untuk berhati-hati mengkonsumsi produk makanan yang mengandung nitrogen cair. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Risiko bahaya nitrogen cair apabila bersentuhan dengan tubuh, yakni bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, mata, maupun organ. Bahkan juga bisa menyebabkan sesak napas hingga luka pada selaput lendir (mukosa) lambung.

Henry memastikan hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus keracunan akibat konsumsi ciki ngebul di wilayah sekadau. Untuk itu, Henry berpesan kepada masyarakat untuk bijak dalam memilih produk makanan yang akan dikonsumsi. Dinas Kesehatan, PP, dan KB Kabupaten Sekadau memastikan sudah melakukan pemantauan di lapangan serta memberikan edukasi kepada para pedagang.

Hal ini juga sesuai dengan surat edaran kementerian kesehatan nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang pengawasan terhadap penggunaan nitrogen cair pada produk makanan siap saji.  Ia meminta masyarakat untuk benar-benar memperhatikan larangan penggunaan nitrogen cair dalam produk makanan.

(Yahya Iskandar)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments