Nasional

Masakan  Mangut Lele Mbah Marto Jogjakarta Yang Melegenda

JOGJAKARTA - Apabila anda mengunjungi ke kota jogjakarta, wajib masukan dalam  daftar kuliner anda. Mangut lele yang legendaris, mbah marto. Menikmati sajian olahan lele ini, dijamin punya sensasi kenikmatan tersendiri. Tidak hanya aneka hidangan yang ditawarkan, pembeli pun langsung mengambil menu makanan ke pawon, atau  dapurnya. Menu masakan pun di letakan di atas bale atau dipan. 

Mangut lele mbak marto, tujuan kuliner banyak wisatawan dari penjuru Nusantara hingga Mancanegara. Selain merasakan nikmatnya setiap racikan bumbu aneka masakan, pembeli dapt langsung melihat, cara pengolahan dan penyajian masakan ini , langsung di dapur mbah marto. Gaya khas masakan yang benar-benar ala rumahan. Mangut lele Mbah Marto memang sudah sangat legendaris di jogja, karena Mbah Marto sendiri  berjualan sejak tahun 1960 an. Artinya konsisten hingga saat ini. Dulunya Mbah Marto berjualan keliling, kemudian di tahun 1989 mulai berjualan di rumahnya sendiri. Dan yang tak kalah seru   suasana rumah asli tetap dipertahankan, bahkan rumah dikiri kanan pun kini di fungsikan sebagai area makan.

Olahan mangut lele sendiri merupakan sajian ikan lele dengan kuah santan dan bumbu gurih pedas, yang khas jawa. Bagi yang tidak tahan rasa pedas jangan kuatir ada pilihan melu magut lele yang tidak pedas dilidah. Lele yang disajikan ter lebih dahulu di asapi, dan untuk menemani sajian mangut lele, ada sate, ada sayur oseng pepaya, gudeg khas jogja, ada juga lodeh, aneka olahan tahu tempe dan ayam sambal goreng krecek, sayur kacang panjang, ayam goreng, sayur daun singkong, opor telur tahu, serta msih banyak lagi menu olahan dapur mbah marto.

Menurut Ibu Bude, sang kasir, pembeli yang datang dari seluruh Nusantara, mulai orang biasa, chef terkenal, para artis, hingga pejabat negara.terbukti dengan foto yang terpajang rapi di dinding rumah mah marto. Untuk hari libur tempat ini sudah penuh sesak, dan harus mengantri. Ibubude pun melayani pembeli sambil tetap melakukan aktifitasnya menggoreng tahu, tempe, pisang goreng, tahu bacem, tempe gembos dan lainnya.

Wisatawan asal Kota Kembang Bandung, Jawa Barat Ida  dan Mustadin, yang baru saja selesai menikmati sajian mangut lele ini menuturkan, dirinya penasaran ingin mencoba makanan khas jawa yang viral di media masa, dan menikmati sensasi dapur Mbah Marto. Untuk harga  perporsi, relatif murah mulai 10 ribu hingga 25 ribu paket komplit.

Oh ya untuk merasakan cita rasa makanan legendaris di sini,  jam operasionalnya dari pukul 09.00 sampai 21.00 wib. Lokasi tempat makan mangut lele legendaris ini, masuk ke dalam komplek perkampungan, di antara rumah-rumah sederhana. Rumah Mbah Marto ini persisnya berada di JL. Sewon indah RT 04,  Ngireng-Ireng, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun bagi pengendara roda empat tidak perlu kuatir, penduduk sekitar pun menyediakan lahan parkir yang cukup luas.

Salah satu yang membuat anda kangen dengan Jogja.  Masakan lele asap  racikan Mbah Marto, dirumah sederhananya, tanpa embel-embel spot kekinian. Namun, ini yang menjadi special. Di usia Mbah Marto yang kini 90-an tahun, dirinya tidak berhenti bekerja dan berkarya dengan masakannya, dan banyak sudah yang pernah menikmati masakan Mbah Marto.

(Olivia Teja)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments