P. Raya

Masyarakat Didorong Kembangkan Ketahanan Pangan Mandiri

PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengembangkan ekonomi berkelanjutan, melalui program ketahanan pangan mandiri dengan mengembangkan tanaman pangan bernilai ekonomis.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA), Ina Prayawati, saat dibincangi disela melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Unit Pelayanan Teknis Balai Pengembangan Bibit Tanaman Pangan dan Holtikultura (UPT-BPSBTPH) Kalimantan Selatan (Kalsel), pekan lalu.

Menurutnya, banyak peluang usaha yang dapat diimplementasikan masyarakat Bumi Tambun Bungai, khususnya dalam mengembangkan tanaman pangan yang bernilai ekonomis. Diantaranya, seperti golongan tanaman holtikultura maupun buah-buahan khas daerah.

“Peluang mengembangkan ekonomi berkelanjutan melalui pengembangan tanaman pangan, tentunya harus dimanfaatkan masyarakat. Bahkan pengembangan tanaman pangan secara mandiri, merupakan solusi apabila terjadi inflasi harga pangan dipasaran,” ucapnya.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV, meliputi Kabupaten Barito Timur (Bartim), Barito Selatan (Barsel), Barito Utara (Barut) dan Murung Raya (Mura) ini juga mengatakan, pengembangan ketahanan pangan secara mandiri khususnya tamanan palawija dan buah-buahan, dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Bahkan sejumlah Provinsi di Indonesia saat ini tengah gencar mengembangkan tanaman pangan.

“Mengembangkan tanaman palawija dan buah-buahan, saat ini mulai menjadi usaha primadona di sejumlah wilayah Indonesia. Sehingga masyarakat Kalteng diharapkan turut serta dalam melihat peluang usaha tersebut, apalagi dikondisi geografis dan iklim di Kalteng, sangat cocok dikembangkan buah-buahan tropis, seperti Durian, Mangga-Manggaan dan Rambutan,” ujarnya.

Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini juga berharap, agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten (Kabupaten) saling bersinergi, untuk mendorong masyrakat menggencarkan pengembangan ketahanan pangan di Bumi Tambun Bungai, dengan memberikan bantuan bibit bagi para petani.

“Pengembangan tanaman pangan dan holtikultura tidak dapat dilakukan tanpa adanya dukungan dari pemerintah. Oleh karena itu, Komisi II DPRD Kalteng berharap agar Pemprov Kalteng dan seluruh Pemkab bisa membantu masyarakat, khususnya para petani untuk menyediakan bibit serta membantu mengawal pengembangan tersebut hingga berhasil,” pungkasnya.


(Infodprdkalteng/Syachwandi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments