P. Raya

Memperkenalkan Adat Dan budaya Dan Peninggalan Sejarah Nenek Moyang Dayak Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Adiah Chandra Sari, saat ditemui di stand Kalteng Expo Tahun 2023, di Area temanggung Tilung, Palangka Raya , Provinsi Kalteng, Jumat (19/5/2023) mengatakan, saat  ini kita kembalikan lagi dalam pelaksanaan kegiatan Kalteng Expo, menampilkan Produk Produk dari UKM dan IKM juga binaan dari masing masing dinas  salah satunya Dinas Kebudayaan dan Pariwisa-ta Provinsi Kalteng.

Ada beberapa yang ditampilkan di stand Kebudayaan dan Pariwisata yang bisa kita lihat seperti sekarang ini binaan UMKM ada kerajinan dari Kalteng juga dan kopi, bagi masyarakat yang mengunjungi bisa minum kopi gratis dan kerajinan di stand dinas kebudayaan dan pariwisata bisa di beli oleh pengunjung.

Ada berbagai kerajinan khas Kalteng, dan ada berbagai peninggalan sejarah yang ada di musium Balanga Provinsi Kalteng, yang bisa dilihat sekarang ini, seperti Mandau baju keba atau baju yang terbuat dari kulit pohon, baju perang dulu. Ada lanjung tempat untuk menggendong anak dan buat berkebun, ada Sapundu/patung terbuat dari kayu ulin /tabalian dalam adat dayak  Sapundu kelengkapan upacara ritual tiwah, dan untuk mengukur tingkat rendah tingginya sosial seseorang.

Jadi dalam kalteng Expo Tahun 2023 ini juga, kita memperkenalkan Adat dan budaya kita, yaitu adat dayak, untuk masyarakat luas ataupun masyarakat dari luar kota provinsi Kalteng, dan lebih lengkapnya lagi masyarakat ataupun dari luar daerah bisa melihatnya langsung ke Musium Balanga, disana lengkap peninggalan dahulu nenek moyang kita.

Adanya Kalteng Expo juga menambah perekonomian masyarakat Kalteng, karena ini sebagai ajang/memperkenalkan kerajinan kerajinan khas Asli Kalteng, membantu masyarakat luas. 

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments