P. Raya

Menghidupkan Kembali Posyandu Aktif Untuk Menurunkan Angka Stanting  

PALANGKA RAYA - Rapat Tim Pokjanal Posyandu Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 . Dengan Tema" Rencana Kerja Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Peran Posyandu Di Kalimantan Tengah ". Kegiatan dilaksanakan di hotel  bahalap, Palangka Raya Provinsi Kalteng, Selasa (14/3/2023).

Rapat dibuka kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD) provinsi Kalteng  mewakili H. Nuryakin, sekaligus secara resmi membuka kegiatan Tim Pokjanal Posyandu.  Dalam sambutannya Aryawan mengatakan keberadaan posyandu sangat berperan penting dalam percepatan penurunan angka stanting diprovinsi kalteng.

Targetnya ditahun 2024 adalah 15,38 persen, sedangkan dari hasil Riskades yang dilakukan setiap lima tahun sekali, angka prevalansi stanting Provinsi Kalteng, mengalami penurunan yaitu 41, 3 persen pada tahun 2013 dan 34 persen pada tahun 2018.

Tim Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran mengatakan posyandu yang mengelola di lokus stanting sudah mencapa 72,14 persen, sudah ada peningkatan dari tahun kemarin. Ivo berharap target penurunan stanting  di tahun 2024 bisa mencapai 16 persen.  

Tim pokjanal posyandu diharapkan juga bekerjasama dengan para pemangku kepentingan di Provinsi Kalteng dalam mendukung pelaksanaan program kerja  Pokjanal Posyandu untuk menjaga berlangsungnya posyandu di provinsi kalteng, dan Ivo juga berharap bekerjasama dengan media untuk memberikan informasi edukasi tentang perkemba-ngan di masyarakat mengenai percepatan penurunan stanting.

Kegiatan dihadiri Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng Terkait, Ketua 1 Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Provinsi Kalteng Hj. Nunu Edy Pratowo, Para Pejabat Administrator Eselon III di lingkungan Dinas PMD Provinsi Kalteng.


(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments