P. Raya

Miris !! Sekolah SDN 14 Palangka Raya Baru Renovasi Ambruk

PALANGKA RAYA - Insiden ambruknya gedung SDN 14 Palangkaraya yang berlokasi di Jalan Mendawai Kompleks Perumahan Sosial, Jekan Raya. Bangunan rehap ini,  menggunakan dana DAK Tahun 2021 yang di ketahui uang negara hasil pajak masyarakat.  kejadian tersebut diketahui sekitar pukul 01.00 wib hal ini di informasikan oleh warga setempat. Minggu 9 Januari 2022 kemaren.

Menurut Ade penjaga sekolah, bangunan baru SDN 14 Palangkaraya yang ambruk itu terdapat 3 ruang kelas, yaitu kelas 2B, kelas 3A, dan kelas 3B. Selain itu ada 3 ruang toilet dan 1 ruang penyimpanan peralatan drum band.

Sementara Kepala SDN  14 Palangkaraya, Rahmawati saat dihubungi wartawan Huma Betang mengatakan bangunan yang ambruk itu adalah bangunan baru seusai renovasi pada 2017 lalu.

“Bangunan tersebut salah satu bangunan baru, karena baru saja direnovasi pada tahun 2017. Makanya saya pun bingung kenapa bisa ambruk,” kata Rahmawati.

Asumsi sementara, Rahmawati menduga penopang tidak kuat menahan beban bangunan tersebut dikarenankan pondasinya dari kayu, bukan beton dan juga faktor alam.

“Pada tahun 2021 banjir sampai ke ruang kelas, kemungkinan penopang tergeser oleh air saat banjir itu dan juga disinikan rawa sering banjir sebenarnya  pondasinya harus beton, ini pondasinya dari kayu atasnya beton. Namun kita menunggu penyebab pasti dari PUPR Kota Palangkaraya,” kata Rahmawati. 

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments