P. Raya

Musrenbang Kecamatan Pahandut Sepakati 58 usulan

PALANGKA RAYA - Pemerintah kecamatan Pahandut kota Palangka Raya menggelar musyawarah rencana pembangunan atau Musrenbang pada Jum'at 19 Januari 2024 Kegiatan musyawarah rencana pembangunan atau Musrenbang tingkat kecamatan Pahandut yang berlangsung di aula kantor kecamatan Pahandut dibuka secara resmi oleh Pj. Wali Kota Palangka Raya yakni Dr. Hera Nugrahayu, M.Si

Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau disingkat Musrenbang adalah suatu proses musyawarah dan perencanaan partisipatif yang melibatkan masyarakat, pemerintah daerah, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk merumuskan rencana pembangunan suatu daerah. Musrenbang bertujuan untuk menyusun rencana pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat setempat.

Proses Musrenbang biasanya diawali dengan tahap perencanaan oleh pemerintah daerah. Rencana tersebut kemudian dibawa ke forum Musrenbang yang melibatkan perwakilan masyarakat, tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya. Dalam forum ini dilakukan diskusi, pemilihan prioritas pembangunan, dan penyesuaian rencana berdasarkan masukan dari masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk membahas hal-hal subtansi dan langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan di kecamatan ini juga di hadiri oleh Camat Kecamatan Pahandut yakni Said Zain Bachin, S. STP., M.AP Sekretaris kecamatan Marliansyah, SE Pj. Wali Kota Palangka Raya yakni Dr. Hera Nugrahayu, M.Si Sekda kota Palangka Raya Joni Harta, S.E., S.Hut., M.M Lurah Tumbang Rungan, Aan, S.E Lurah Tanjung Pinang Geral Namara, S.Sos. Lurah Langkai, SE., M.Si Lurah Panarung Evi Kahayanti, SE Lurah Ahmad Reza, S.Kom Lurah Pahandut seberang Pitriadi, S.Sos, MAP serta pihak terkait lainnya.

Beberapa pokok usulan yang terdapat dalam Musrenbang kali ini antara lain peningkatan kualitas jalan di beberapa wilayah, pembangunan fasilitas pendidikan, dan peningkatan pelayanan kesehatan di puskesmas dan pustu setempat. Camat Kecamatan Pahandut Said Zain Bachsin mengatakan “pada kegiatan musrenbang ini terdapat 58 usulan yang diberikan oleh 6 kelurahan yang ada dikecamatan Pahandut yang diantaranya ada pada bidang inprastruktur Pembangunan jalan yang pada saat ini masih belum dilaksakan secara merata sehingga masih terdapat banyak jalan yang rusak dan juga pada bidang kesehatan seperti pustu yang terdapat di desa-desa yang masih belum mendapat banyak perhatian dari pemerintah dan kelurahan sehingga kemungkinannya nanti akan menjadi puskesmas agar pelayanan kesehatan dapat diberikan kepada masyarakat dengan baik dan maksimal dan juga tentunya secara menyeluruh.”

Seusai kegiatan dilaksanakan dan usulan yang telah diberikan oleh setiap kelurahan, panitia akan menyusun laporan resmi yang mencakup hasil diskusi, usulan, serta prioritas pembangunan yang telah disepakati. Laporan ini nantinya akan menjadi dasar bagi pemerintah kecamatan untuk menyusun rencana pembangunan yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

(Alnadi/Melina)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments