P. Raya

Natalia Minta Masyarakat Lokal Berladang Menetap

PALANGKA RAYA - Legislator Kalteng, Natalia meminta kepada masyarakat lokal khususnya peladang yang ada di wilayah Bumi Tambun Bungai supaya dapat menerapkan pola berladang menetap tidak berpindah-pindah.

Dengan menerapkan pola berladang menetap tujuannya yakni agar bisa memudahkan pemerintah melakukan pendampingan dan menyalurkan bantuan serta dalam pengelolaannya pun bisa berkelanjutan dan juga pastinya dari hasil akan lebih optimal dibanding berpindah-pindah.

"Kalau berpindah-pindah itukan pemerintah juga akan susah melakukan pendampingan dan menyakurkan bantuan. Dari pengelolaan dan hasil juga mempengaruhi karena harus membuka lahan baru. Ini kenapa kami minta agar menerapkan pola berladang secara menetap," ujarnya, Senin 24 Juli 2023.

Lanjut Natalia, memang pada dasarnya pola berladang berpindah-pindah itu sudah menjadi kebiasaan masyarakat lokal di wilayah Kalteng ini bahkan secara turun temurun. Akan tetapi ia menilai untuk saat ini pola tersebut sudah kurang tepat untuk diterapkan.

Selain itu, Natalia juga mengimbau kepada masyarakat peladang lokal di wilayah provinsi ini supaya tidak membakar lahan sembarangan ketika pada saat musim kemarau. Sebab, dampak daribmembakar lahan sembarangab itu dapat mengakibatkan kabut asap.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments