Kalteng

Olivia : Peran Generasi Muda Dalam Melestarikan Budaya Lokal

Puruk Cahu – Pelestarian budaya lokal bisa terus dilakukan dengan terus merekrut generasi muda agar menjadi pewaris budaya daerah. Demikian dikatakan Anggota Komisi I DPRD Murung Raya, Olivia Owiswanti

Menurutnya, pelestarian budaya lokal dan adat istiadat khususnya yang dimiliki oleh Kabupaten Murung Raya harus dilakukan semua pihak di berbagai lini.

Pasalnya budaya dan adat istiadat saat ini mulai tergerus perkembangan zaman, terlebih saat tren budaya luar masuk ke daerah. “Generasi saat ini banyak yang tidak mengetahui keragaman budaya dan adat istiadat yang dimiliki daerahnya. Kebudayaan kita sebenarnya sangat lengkap, untuk seni bela diri, tari-tarian dan juga budaya adat seperti totoh numbeng,” jelasnya,Selasa (31/5/2022).

Guna melestarikan budaya yang dimiliki daerah ini maka pihak terkait harus benar-benar dapat memberikan wadah, serta keterlibatan para investor sebagai pihak ketiga dalam mendukung kesenian dan budaya daerah.

“Di tengah peradaban dunia yang menjadikan kebudayaan sebagai investasi untuk membangun masa depan, maka keberagaman budaya daerah merupakan kekayaan dan identitas daerah yang sangat diperlukan untuk memajukan kebudayaan nasional di tengah dinamika perkembangan dunia,” tambahnya lagi.

Menurutnya, menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat khususnya generasi muda dalam mendukung kelestarian budaya lokal diantaranya dengan mau mempelajari budaya tersebut.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments