P. Raya

Opening Ceremony dan Harvesting GERNAS BBI dan BBWI Kalteng

PALANGKA RAYA – Bertempat di GPU Tambun Bungai Palangka Raya, pada Jumat 14 Juli 2023, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo hadiri Opening Ceremony dan Harvesting Gerakan Nasional (GERNAS) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Kalteng.

Dalam sambutannya Wagub mengatakan Pemprov. Kateng sangat menyambut baik dan bersyukur acara Opening Ceremony dan Harvesting GERNAS BBI dan BBWI Kalteng bisa dilaksanakan di tahun 2023 ini. “Saya memberikan apresiasi yang besar kepada Bank Indonesia dan Kementerian/Lembaga terkait yang mendukung penuh kegiatan ini, dalam rangka mempromosikan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai salah satu tujuan wisata sekaligus untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Kalimantan Tengah,” kata Wagub.

Wagub menambahkan, semenjak pandemi COVID-19 kegiatan-kegiatan perekonomian mengalami kendala dan penurunan. Namun dengan adanya kegiatan GERNAS BBI dan BBWI ini, Wagub berharap dapat membangkitkan perekonomian di Kalteng.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki mengungkapkan berkat kerja sama dan koordinasi yang baik, GERNAS BBI sudah menumbuhkan dan melahirkan banyak kemajuan semangat. “Bukan hanya semangat Pemerintah untuk membelanjakan 40 persen APBN/APBD, tapi masyarakat juga sudah mulai tumbuh kecintaan untuk membeli dan mengkonsumsi produk dalam negeri/produk UMKM, dengan begitu kita optimis ke depan ekonomi kita semakin kuat,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengutarakan acara GERNAS BBI dan BBWI tahun 2022 lalu tidak seramai tahun ini, Perry juga memberikan apresiasi kepada UMKM Kalteng yang ikut berpartisipasi pada acara GERNAS BBI dan BBWI. “Saat ini Provinsi Kalimantan Tengah mengalami kemajuan yang pesat, Sebagai bentuk apresiasi, saya ikut mempromosikan produk UMKM unggulan Bank Indonesia di Kalimantan Tengah” sebutnya.

Perry menambahkan, ada tiga inspirasi Kalteng yang ingin ia sampaikan yaitu: pertama, ekonomi rakyat memajukan bangsa; kedua, kekuatan untuk berinovasi memajukan ekonomi rakyat dan ekonomi bangsa; ketiga, memperkuat sinergi menjadi kekuatan rakyat dan kekuatan bangsa.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang diwakili Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Odo R.M Manahutu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diwakili Deputi Bidang Pemasaran Ni Made Ayu Marthini, Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng Abdul Razak, unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Bupati dan Wali Kota se-Kalteng, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Prov. Kalteng, serta Pimpinan Perbankan dan Lembaga Keuangan. 

 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments