Barsel

Optimalkan Distribusi Bantuan Pangan: Pj Bupati Ajak Kolaborasi Camat, Lurah, dan Kades

Buntok – Adanya dorongan kolaborasi antara Camat, Lurah, dan Kades dalam pendistribusian Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Hal tersebut dikemukakan oleh Pj Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan, Hal ini disampaikannya saat peluncuran tahap II distribusi bantuan pangan CBP di Kantor Bulog Buntok pada Rabu, 20/11/2023.

Menurut Deddy Winarwan, keterlibatan mereka menjadi kunci untuk memastikan bantuan CBP tepat sasaran, mengingat mereka memiliki pemahaman mendalam tentang kondisi warga yang membutuhkan. Sebanyak 5.500 keluarga penerima manfaat tersebar di 6 Kecamatan yang ada.

Dalam upaya meringankan beban warga kurang mampu, Pj Bupati juga mengumumkan rencana operasi pasar untuk memantau ketersediaan beras, fluktuasi harga, dan melaksanakan operasi pasar murah. Upaya ini sejalan dengan UU Nomor 8/2012 tentang pangan, yang menekankan pengelolaan cadangan pangan sebagai langkah strategis.

Muhammad Aulia Bachtiar, Kepala Kantor Pos Buntok, menambahkan bahwa beras cadangan pemerintah telah disalurkan ke beberapa Kecamatan, sementara distribusi ke Kecamatan lainnya akan dilakukan secara bertahap. Dia berharap penyaluran tahap II dapat selesai pada akhir September.

Kepala KCP Bulog, Sutaryo, mengapresiasi dukungan Pj Bupati dalam percepatan penyaluran bantuan pangan tahap II. Stok beras yang mencukupi untuk 3 bulan ke depan telah dipastikan aman, termasuk untuk wilayah Barito Selatan dan Barito Timur. Pengiriman tambahan dari DKI Jakarta juga diantisipasi dalam waktu dekat, menambah stok yang ada.

 

(Ary Mampas)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments