P. Raya

Panitia Seleksi KPU Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah,   Periode 2023 - 2028 Umumkan 50 Calon Anggota KPU Kalteng yang lulus Tahapan Administrasi.

PALANGKA RAYA - Data dari timsel KPU Provinsi Kalteng terhadap 50 calon yang lulus tahapan Administrasi, terdapat 5 petahana anggota KPU Kalteng Periode 2018 - 2023 yang mendaftar-kan kembali, 5 lima orang tersebut yakni Eko wahyu Sulistiyono Budi, Harmain, Sapta Tjita Sastriadi, dan Wawan Wiratmaja.

"Sebanyak 50 Calon Anggota KPU yang lolos Tahapan penelitian Administrasi dari 103 orang yang mendaftar di siakba.kpu.go.id. 80 mengembalikan berkas fisik. Kemudian dari 80, yang 50 dinyatakan lulus dan lengkap," ucap. Ketua Pansel Anggota KPU Provinsi Kalteng Perode 2023 - 2028. Darmae Nasir , saat jumpa Pers didampingi Anggota Tim Pansel.

Darmae mengatakan para pendaftar calon Anggota KPU yang tidak lolos,  tidak memenuhi syarat umur, usia mimimal 35 Tahun. Selain itu juga dokumen pengesahan Ijazah menjadi faktor yang membuat sejumlah calon tidak memenuhi syarat dari tahap tim dan tahapan penelitian  Administrasi.

"Persyaratan yang tidak memenuhi, yakni keterangan kesehatan dari Rumah sakit Pemerintah. Beberapa ada yang terpaksa dikeluarkan karena surat kesehatan tersebut bukan dari Rumah sakit,” tambahnya.

Darmae Nasir mengatakan dalam Penelitian Administrasi, masih ada ditemukan berkas surat keterangan catatan kepolisian SKCK. Padahal syarat yang diminta Surat ketera-ngan pengadilan, tidak tidak  pernah ada kasus pidana dengan ancaman pidana lebih dari 5 Tahun yang berkekuatan hukum tetap.

“Semua berharap 50 kandidat terbaik kita ini pada akhirnya meloloskan 10 Orang, dan 10 Orang Tersebut dikirim Ke KPU RI. untuk menentukan 5 kandidat yang terpilih ,” terangnya.

Sambung Darmae Nasir, para calon anggota KPU Kalteng akan mengikuti tes tertulis dan tes psikologi yang akan dilaksanakan tanggal 5 Maret hingga 11 Maret 2023. Para pendaftar kebanyakan anggota KPU Kabupaten/Kota juga ditambah orang orang baru dari bagai profesi.

Anggota KPU Timsel Provinsi Kalteng Theria Kristiana  menambahkan,  para calon anggota KPU Kalteng yang mendaftar, berasal dari berbagai kalangan,  Dosen Universitas dan swasta,  pegawai negeri sipil (PNS), dan pensiunan pegawai BUMN serta  pensiunan PNS. .

(Era suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments