Kalteng

Pedagang Tinggalkan Lapak Pilih Berjualan Dipinggir Jalan

PANGKALAN BUN - Kenaikan harga ayam potong dalam seminggu terakhir dari harga 40 ribu naik menjadi 45 ribu rupiah jelang hari raya idul adha merupakan hal yang biasa dan tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat seperti di pasar tradisional indrasari kelurahan baru dan pasar palagan sari, kelurahan madurejo pangkalan bun kabupaten kotawaringin barat.

Permasalahan justru datang dari para pedagang ayam yang ada/ didua pasar tradisional tersebut. Sebagian pedagang ayam potong memilih/ meninggalkan lapak dagangannya di dalam pasar dan/ memilih berjualan di pinggir jalan.

Hal ini tentu saja berdampak kepada/ menurunnya penghasilan para pedagang yang masih tetap bertahan di lapak-lapak yang sudah di siapkan oleh dinas perdagangan kotawaringin barat. Puluhan lapak di pasar palagan sari, kelurahan madurejo terlihat kosong dari para pedagang.

Sedangkan pedagang yang masih berjualan di pasar palagan sari tinggal beberapa orang saja alasan pedagang tidak mau menempati lapak di dalam pasar tersebut dan lebih memilih berdagang di pinggir jalan agar pembeli dapat dengan mudah berbelanja tanpa harus terkena  biaya parkir kendaraan.

Salah seorang pedagang ayam potong bernama siti kamal yang ditemui pada rabu 8 juni 2022 mengaku pembeli yang datang ke lapaknya rata-rata pelanggan yang sudah dikenalnya sejak lama. Ia berharap pemerintah daerah melalui dinas pasar bisa mengembalikan funsi pasar yang sebenarnya yang dibangun dengan anggaran yang tidak sedikit agar pedagang mau kembali berjualan di dalam pasar.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments