P. Raya

Peluang Kalteng Budidaya Kakao

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalteng (Pemerintah provinsi Kalteng) melalui Dinas Perkebunan (Disbun) menyelenggarakan Seminar Potensi Pengembangan Industri dan Budidaya Kakao di Kalteng, yang berlangsung di Aula Disbun setempat pada Selasa (27/2/2024).

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Sri Widanarni, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. 

Ia menyatakan harapannya agar seminar ini menjadi langkah penting untuk menggerakkan potensi ekonomi daerah, khususnya melalui sektor komoditas Kakao atau coklat, mengingat bahwa Indonesia merupakan negara produsen Kakao terbesar ketiga di dunia. Namun, produksi Kakao dalam negeri mengalami penurunan, meskipun permintaan global terus meningkat. 

"Hal ini menimbulkan peluang besar untuk pengembangan Kakao di Provinsi Kalteng namun membutuhkan sinergi dari berbagai pihak," katanya.

Ia menegaskan perlunya transfer pengetahuan, pengembangan ekonomi, ketersediaan pasar, faktor logistik, dan komitmen dari Pemerintah Daerah untuk memastikan keberhasilan pengembangan Kakao di daerah tersebut. Lebih lanjut Sri Windanarni  juga mengucapkan terima kasih kepada para narasumber dan pakar atas kontribusinya dalam seminar ini. 

"Diharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti forum ini dengan saksama dan memanfaatkan kesempatan untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang dapat mengoptimalkan budidaya Kakao," ungkapnya.

Kegiatan di hadiri oleh ,Plt Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalteng Sri Windanarni, Megan King CEO Fairvantures Wilda Indonesia.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments