P. Raya

Pagelaran Seni Budaya " Tradisional Dan Modern."

PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Melalui UPT Taman Budaya Gelar Seni Budaya Tahun 2024. Apresiasi Seni Kontemporer, Kegiatan dilaksanakan di UPT Taman Budaya Di panggung Teater Terbuka, Jl. Temanggung Tilung XIII, Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Senin Malam (26/2/2024). Sambutan Kadisbudpar Adiah Chandra Sari yang diwakili oleh Wildae D. Binti Kepala UPT Taman Budaya selaku penyelenggara.

Dalam Sambutannya Wildae D.Binti menyampaikan, Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng saya menyambut baik diselenggarakannya Kegiatan Gelar Seni Budaya ini yang merupakan perwujudan cipta dari karya para seniman daerah yang dilandasi nilai luhur budaya bangsa berdasarkan Pancasila, yang bercorak Bhineka Tunggal Ika serta berwawasan Nusantara.

Dalam rangka mempertahankan eksistensi kebudayaan bangsa dibutuhkan peran serta dari semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat terlebih lagi para penggiat seni dan budaya. Pemerintah Provinsi Kalteng sendiri terus berupaya dengan memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pembinaan dan pengembangan seni budaya daerah yang merupakan bagian integral dari kebudayaan nasional.

Lebih lanjut Wilda mengatakan, Oleh karena itu, menjadi harapan kita bersama dengan diselenggarakannya kegiatan ini mampu menggugah dan memberi dorongan motivasi bagi para pengelola sanggar untuk lebih giat membangun dan meningkatkan kreatifitas seni budaya Kalteng, dalam rangka menarik para wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Kalteng.

Selanjutnya, kepada panitia pelaksana Gelar Seni Budaya ini, Wilda menyampaikan ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya. Semoga kegiatan ini menjadi sarana yang dapat mendorong dinamisasi seni sehingga lebih bermakna, yang pada gilirannya mampu meningkatkan kontribusi dalam pembangunan daerah dan dalam koridor ekonomi kreatif, dengan menempatkan seni sebagai salah satu pilar utama.

Lebih lanjut Wilda mengatakan, Penampilan dari sanggar seni budaya sebanyak 7 (tujuh) penampilan yaitu : SSB Marajaki, SSB Durut Riwut Taheta, SSB Intan Manuah, SSB Lunuk Ramba, Stand Up Indo PKY (Bos Try), Komunitas Wotagei,  Brother Dope x LNB Dance Sport PKY.

“Ini yang perdana kali di tahun 2024 UPT Taman Budaya mulai menggelar lagi kegiatan seni budaya yang rutin setiap bulannya kita laksanakan, kita  punya agenda 10 kali  dilaksanakan dengan pertunjukan tari tradisional dan tari modern, dan mengajak bersama sama masyarakat untuk bisa menyaksikan pagelaran seni budaya di Kalteng. Kami juga menyediakan live stremingnya untuk bisa disaksikan di rumah /di perjalanan ,"tutupnya.

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments