P. Raya

Pembangunan Lopo Betang Perdie M. Yoseph Bercorak Kebudayaan Bentuk Manifestasi Kearifan Lokal 

PALANGKA RAYA - Rangkaian kegiatan Rakor Budaya se-Kalimantan Tengah di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya diawali beberapa rangakaian kegiatan diantaranya Peletakan Batu Pertama Pembangunan Lopo Betang Perdie M. Yoseph yang berada di Bumi Perkemahan Pramuka Puruk Cahu Seberang , Rabu 23 Maret 2022.

Bupati Perdie M. Yoseph mengatakan Bangunan dua unit Lopo Betang Perdie M. Yoseph ini dibangun secara bertahap diatas lahan seluas 2,7 Ha dari luas lahan tersedia 9,4 Ha. Sesuai rencana area ini, merupakan bagian dari detail tata ruang terbuka hijau seluas 78 Ha yang ada di Kota Puruk Cahu.

“Pembangunan Lopo Betang Kembar untuk tahap pertama tahun ini dibangun satu unit berukuran 41 M x 29 M dan selanjutnya akan dibangun pada tahun 2023, bangunan ini menggambarkan sebuah kekuatan identitas dayak yang pmembumi dan seimbang” ucap Perdie.

Selanjutnya Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph menargetkan akan selesai pada tahun 2023 bertepatan Hari Jadi ke 21, dan “Lopo Betang Perdie M. Yoseph” akan diresmikan. Masih menurut Perdie, bahwa pembangunan Lopo Betang berada di jalur lalu lintas keluar masuk menuju Kota Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya.

“Ketika orang masuk atau keluar secara tidak langsung tergambar dibenak pikiran suku dayak punya kebanggaan memiliki Rumah Betang atau Lopo Betang, dan jangan sampai nilai budaya kita sendiri sedikit demi sedikit akan kehilangan identitas”, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hj. Adiah Chandra Sari menyebut bahwa pembangunan Lopo Betang PMY di Puruk Cahu memiliki nilai strategis dalam upaya pelestarian kebudayaan, khususnya pelestarian bangunan bersejarah dan memiliki nilai kearifan lokal yang tinggi.

Menurutnya, upaya pelestarian bangunan budaya harus terus dikembangkan, agar kelak generasi masa depan mengenal dan mencintai situs-situs budaya yang ada. “Pelestarian Bangunan Bercorak Kebudayaan Bentuk Manifestasi Kearifan Lokal “ pungkas Diah.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments