P. Raya

Pembentukan Pengurus Forum Staf Ahli Kepala Daerah se-Kalteng

PALANGKA RAYA - Rapat Koordinasi (Rakor) Staf Ahli Kepala Daerah se-Kalteng, yang diselenggarakan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (7/3/2024). Sambutan  Gubernur Provibsi Kalteng yang diwakili Sekda H. Nuryakin mengatakan, rakor ini menjadi wadah untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang kedudukan tugas dan fungsi Sahli Kepala Daerah dan merumuskan mekanisme dan rincian tugas Sahli Kepala Daerah, serta meningkatkan sinergisitas antar Sahli Kepala Daerah se-Kalteng, sehingga eksistensi dan perannya dapat lebih meningkat dalam membantu tugas Kepala Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah.

"Staf Ahli Kepala Daerah mempunyai tugas menyampaikan masukan kepada Kepala Daerah berupa telaahan dalam Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, serta Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. 

Staf Ahli juga membantu Kepala Daerah dalam menyampaikan pemikiran, saran, pertimbangan dan telaahan yang berkaitan dengan tugas dan wewenang Kepala Daerah," ujar Sekda. 

Lebih lanjut, fungsi Sahli Kepala Daerah meliputi penyiapan telaahan pelaksanaan tugas atas petunjuk Kepala Daerah, penyiapan saran atas kebijakan dan rekomendasi, pelaksanaan koordinasi serta pelaporan tugas kepada Kepala Daerah. 

"Pada prinsipnya, keberadaan Staf Ahli diharapkan dapat membantu Kepala Daerah, khususnya dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi sehubungan dengan beratnya beban tugas yang dipikul oleh Kepala Daerah," jelasnya.

Sekda berharap dengan adanya peningkatan peran serta Sahli, kebijakan-kebijakan yang dilakukan Kepala Daerah, baik itu Gubernur, Bupati dan Wali Kota telah melalui pertimbangan dari berbagai aspek sesuai dengan bidang masing-masing Sahli. 

Momentum kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh pengetahuan dan skill, sehingga kemudian forum ini mampu menghasilkan kreatif dan inovatif baru dalam memberikan masukan dan rekomendasi terhadap proses pembangunan dan pemerintahan," tuturnya.

Sementara itu, Sahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko menyampaikan dalam laporannya, rakor ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergisitas Sahli se-Kalteng, serta meningkatkan wawasan sumber daya manusia Sahli se-Kalteng. 

Sebagai informasi kegiatan rakor ini  juga dirangkaikan dengan pembentukan pengurus Forum Staf Ahli Kepala Daerah se-Kalteng (FORSAKADA). Kegiatan di  hadiri oleh, Sahli Gubernur Kalteng lainnya, serta Sahli Bupati/Wali Kota se-Kalteng. 

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments