P. Raya

Pembukaan Bimbingan Teknis BLUD Puskesmas Se-Provinsi Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas se-Provinsi Kalteng yang berlangsung di Hotel Luwansa Palangka Raya. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Prov. Kalteng, Wawan Juswanto.

Dalam sambutannya, H. Nuryakin menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Keuangan melalui Ditjen Perbendaharaan atas dukungannya dalam penyelenggaraan Bimtek ini. Diharapkan melalui kegiatan Bimtek ini, pengelolaan puskesmas di seluruh wilayah Kalimantan Tengah akan semakin maju dan optimal, sehingga meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang dinikmati masyarakat dan pada akhirnya meningkatkan kesehatan Masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Prov. Kalteng, Wawan Juswanto, dalam wawancaranya menyampaikan pentingnya transformasi puskesmas dan beberapa lembaga di daerah menjadi BLUD. pihaknya arahkan puskesmas maupun beberapa lembaga di daerah maupun di pusat untuk menjadi BLUD karena fleksibilitas dalam pengelolaan, baik dari segi anggaran maupun sumber daya manusia, sehingga mereka bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Masyarakat.

Hingga saat ini, terdapat 117 BLUD di Provinsi Kalteng yang terdiri dari 96 puskesmas, 19 rumah sakit, Shrimp Estate, dan 1 KPHL yang telah ditetapkan sebagai BLUD. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 serta Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005, BLU maupun BLUD diberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangannya. Pembinaan teknis BLUD dilakukan oleh Kementerian Teknis Kementerian/Lembaga terkait dan pembinaan keuangan dilakukan oleh Kementerian Keuangan melalui Ditjen Perbendaharaan.

Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan pengelolaan BLUD di Provinsi Kalimantan Tengah dapat semakin optimal, mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

(Hariri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments