Barsel

Pemkab Barsel Canangkan Vaksin HPV Dan RV

BUNTOK - Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan mencanagkan pemberian Vaksin Human Papillomavirus atau HPV kepada anak perempuan yang berusia minimal 11 tahun dan pemberian imunisasi Rotavirus atau RV kepada bayi yang berusia 2 bulan.

Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan, bersama ketua tim penggerak PKK Barito Selatan, Erna Deddy Winarwan berkesempatan untuk memberikan imunisasi Rotavirus. Pencanangan vaksinasi itu ditandai dengan dilakukannya Pj Bupati dan Ketua TP PKK Barito Selatan meneteskan imunisasi dimulut bayi secara simbolis, didalam ruangan itu pejabat bupati juga menyaksikan penyuntikan Vaksin HPV, bertempat di sekolah dasar Islam terpadu, Buntok .

Dalam kesempatan itu penjabat bupati mengatakan berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kanker serviks merupakan penyumbang 7,5 persen kematian di dunia, sebagian berasal dari negara berkembang,termasuk Indonesia. sementara itu Vaksin Human Papillomavirus telah terbukti efektif sebagai pencegahan kanker serviks, yang diketahui dapat menurunkan insidensi hingga 90 persen, dengan efek samping yang aman bagi masyarakat luas .

Dikatakan juga  sedangkan diare merupakan penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan di dunia maupun di Indonesia, mejadi penyumbang kematian nomor dua terbesar setelah pneumonia pada bayi dan balita lebih lanjut Pj Bupati menyampaikan diare yang berulang juga dapat menimbulkan masalah tumbuh kembang anak, yakni stunting  penyebab terbesar diare pada bayi adalah Rotavirus, salah satu upaya yang harus dilakukan yakni pemberian imunisasi Rotavirus atau RV .

Penjabat Bupati Dedy Winarwan berharap seluruh masyarakat di Barito Selatan dapat mendukung  dan berpartisipasi dalam kegiatan Vaksin HPV pada anak perempuan usia 11 tahun dan imunisasi Rotavirus bagi bayi usia 2 bulan, agar  terhindar dari kanker serviks dan diare berat dikemudian hari .

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Daryomo Sukiastono menuturkan  pencanangan vaksin dan imunisasi itu serentak dilaksanakan di Barito Selatan. Sebanyak 1075 anak  perempuan usia 11 tahun akan menjalani Vaksin  HPV dan berjumlah 2018 bayi, akan diberikan imunisasi Rotavirus.

Sedangkan Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan Jarliansyahsangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan pihaknya sangat mendukung kegiatan itu, dia juga mengajak kepada pemerintah untuk bersama-sama dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Barito Selatan.

Tampak hadir dalam pencanangan vaksin itu Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, jajaran Forkopimda, asisten I dan asisten II Setda Barito Selatan, serta sejumlah Kepala SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Selatan.

(Ary Mampas)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments