Kapuas

Pemkab Kapuas Susun Pembangunan Kawasan Perdesaan Berbasis Hutan Desa

KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas Melalui Dinas pemberdayaan masyarakat desa menggelar lokakarya dan rapat kerja penyusunan rencana aksi berkelanjutan pembangunan kawasan perdesaan berbasis hutan desa pada, Selasa 28 Nopember 2023.

Kegiatan lokakarya dan rapat kerja penyusunan rencana aksi berkelanjutan pembangunan kawasan perdesaan berbasis hutan desa yang berlangsung di aula Kantor Dinas Pmd jalan tambun bungai Kuala Kapuas ini dibuka secara resmi oleh pelaksana tugas asisten satu Setda Kapuas, Fahruranzi. Dihadiri sejumlah camat, kepala desa dan pihak terkait lainnya. 

Kepala dinas pemberdayaan masyarakat Desa Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, mengatakan di kabupaten kapuas ada lebih dari enam belas desa yang sudah memiliki hutan desa dengan luas sekitar dua puluh enam ribu hektar. Namun hutan desa itu sampai saat ini belum maksimal untuk pengelolaannya termasuk pemanfaatannya. 

Untuk itu Budi Kurniawan berharap dengan adanya rencana aksi daerah sesuai surat keputusan Bupati Kapuas, ada sinergi dengan semua pihak untuk bisa membangun, memelihara dan menjaga kawasan hutan desa, agar nantinya keberadaan hutan desa tidak hanya sebagai kawasan hutan saja, tetapi juga bisa memberikan manfaat maksimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa.

Sementara itu Kepala Desa Tumbang Mengkutup, Suriato menyatakan sangat mendukung rencana aksi  pembangunan kawasan perdesaan berbasis hutan desa tersebut. 

 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments