P. Raya

Pemkot Tak Bisa Bantu Dana, Namun Dukung Penuh Paskah Nasional 

PALANGKA RAYA – Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu melalui Plt. Asisten Admistrasi Umum Setda Palangka Raya Alman P Pakpahan, menyampaikan klarifikasi dan permohonan meminta maaf  belum dapat membantu dana untuk perayaan Paskah Nasional. Diketahui, Pelaksanaan Paskah Nasional dipusatkan di Stadion Sanaman Mantikei Kota Palangka Raya mulai tanggal 25-26 April 2024. 

Kendati demikian, ditegaskannya bahwa Pemkot mendukung penuh Perayaan Paskah Nasional di Palangka Raya.   

“Dukungan penuh dari Dishub dan Satpol- PP dan perangkat lain di jajaran Pemkot Palangka Raya, salah satu bentuk nyata dukungan Pemkot. Sekali lagi Pemkot mohon maaf sebesar-besarnya kepada panitia penyelenggara atas belum dipenuhinya permohonan bantuan dana melalui proposal yang diajukan, mengingat APBD Kota Palangka Raya TA 2024 telah ditetapkan pada tahun 2023 jauh-jauh sebelum panitia audiensi ke Pj Wali Kota,” terang Alman

Alman menjelaskan alasan tidak Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya tidak bisa membantu dana anggaran. Pasalnya, pihak panitia penyelenggara Hari Paskah Nasional telat mengajukan proposal permohonan dana bantuan untuk acara tersebut. Dimana APBD Kota Palangka Raya sudah ditetapkan pada akhir tahun 2023 lalu.

"Pemerintah Palangka Raya memohon maaf kepada Panitia penyelenggara atas belum dipenuhinya permohonan bantuan dana melalui proposal yang diajukan beberapa waktu yang lalu. Mengingat APBD Kota Palangka Raya untuk tahun 2024 telah ditetapkan pada akhir tahun 2023 lalu jauh sebelum panitia Hari Paskah audiensi dengan Pj Wali Kota Palangka Raya," kata Alman saat dikonfirmasi via telpon whatsapp, Rabu (24/4).

Alman menambahkan, penganggaran APBD Kota Palangka Raya mulai dari perencanaan pelaksanaan, pertanggungjawaban secara RIGID telah dikendalikan melalui Sistem Aplikasi SIPD yang terpusat dan servernya di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sehingga bantuan tunai dari Pemkot Palangka Raya belum bisa terealisasi sesuai proposal yg diajukan. Pemerintah Kota Palangka Raya sekali lagi memohon maaf tidak bisa langsung membantu panitia dalam bentuk dana cash," jelasnya.

Melalui penuturannya di Via whatsapp pemerintah kota bukan berati tidak mendukung sepenuhnya adanya kegiatan tersebut. Pemerintah kota melalui Dinas Perhubungan, Satpol PP dan OPD lainnya mendukung penuh adanya terselenggaranya kegiatan Hari Besar Keagamaan tersebut.

 

(Altius)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments