P. Raya

Pemprov Kalteng Gelar Safari Ramadan di Masjid AL Munawarah, Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan Tahun 1443 H /2022 M, di Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) kegiatan safari Ramadan menjadi kegiatan rutin di Bulan Ramadan. Pemprov Kalteng menggelar serangkaian Safari Ramadan, dimana kegiatan ini dilakukan di sejumlah wilayah di 14 Kabupaten/Kota, salah satunya di Masjid AL Munawarah, Kota Palangka Raya, Kamis 14 April 2022 sore.

Asisten Administrasi Umum Sri Suwanto Nuryakin saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghimbau kepada warga masyarakat Kota Palangka Raya untuk terus menerus meningkatkan kualitas amal ibadah disisa waktu yang ada ini dengan penuh khidmat, khusyu dan penuh kedamaian sehingga amal ibadah yang dikerjakan khususnya ibadah puasa dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam, guna dijadikan sebagai insan yang memiliki derajat ketaqwaan yang tinggi disisi Allah SWT, menuju Kalteng Berakhlaq Penuh Keberkahan.

Beberapa hal yang disampaikan Sri Suwanto pada safari Ramadan kali ini, Ia mengajak sekaligus menghimbau khususnya warga masyarakat di Kota Palangka Raya untuk terus berupaya memperkuat sendi-sendi persatuan dan kesatuan, meningkatkan kewaspadaan, memelihara kerukunan, menjaga kebhinekaan dan keberagaman, saling menghargai dan menjunjung tinggi toleransi, dan mampu menyikapi perbedaan di alam demokrasi ini dengan bijaksana. Selain itu, menghindari penyalahgunaaan Narkoba dan minuman keras (Miras), sehingga tatanan kehidupan umat beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat berjalan harmonis penuh kedamaian dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang pada akhirnya warga masyarakat Kota Palangka Raya mampu menjadi bagian dalam mewujudkan Kalteng Makin Berkah di Tambun Bungai, Bumi Pancasila yang dicintai.

Sri Suwanto juga meminta kepada semua pihak terkait untuk menjaga stabilitas dan kecukupan bahan pokok strategis dan logistik lainnya dengan harga yang normal dan relatif terjangkau, terutama dalam menghadapi lebaran nanti.

“Kepada para pedagang diminta untuk tidak melakukan penimbunan dalam bentuk apapun sehingga kestabilan harga bahan pokok dapat terkendali dengan baik”, tegas Sri Suwanto.

Ia juga menghimbau seluruh masyarakat juga agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Terakhir disampaikan, sebagaimana  diketahui bersama bahwa Provinsi Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Pasir Grogot ditetapkan sebagai Ibukota Negara Nusantara yang mana Kalteng merupakan Provinsi tetangga yang pasti akan menjadi penopang IKN tersebut, oleh karena itu Pemerintah tetap melanjutkan program Food Estate sebagai penyangga kebutuhan pertanian dalam artian luas di Kalteng dan mari kita dukung program Food Estate ini sehingga Kalteng mampu menjadi penyangga ekonomi IKN baru dan berimbas pada kesejahteraan rakyat Kalteng.

Dalam kegiatan ini, Pemprov. Kalteng menyerahkan bantuan barupa sarung dan mukena untuk masyarakat setempat sebanyak 70 pcs.

Safari Ramadan dihadiri Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Perangkat Daerah Kota Palangka Raya, Penceramah Ustadz H. Amanto Surya Langka, Lc, Pimpinan Ormas Islam Provinsi dan Ormas Islam Kota setempat, Pengurus Masjid Masjid AL Munawarah beserta jajarannya serta Para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat masyarakat sekitar.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments