Nasional

Pemprov. Kalteng-Pemprov Bali Lakukan Kerja Sama Pengembangan Potensi Kelautan dan Perikanan

DENPASAR – Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Gubernur Bali Wayan Koster melakukan penandatanganan naskah kesepakatan bersama tentang kerja sama pembangunan dan pengembangan potensi daerah. Penandatanganan ini dilakukan di Gedung Gajah, Rumah Jabatan Gubernur Bali, Minggu 27  Maret 2022.

Salah satu sektor yang masuk dalam kerja sama pembangunan dan pengembangan potensi daerah tersebut adalah sektor kelautan dan perikanan. Menindaklanjuti adanya naskah kesepakatan bersama tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng H. Darliansjah segera melakukan koordinasi dengan menghubungi Kepala Dislutkan Prov. Bali Made Sudarsana melalui sambungan telepon, Minggu 27 Maret 2022 dini hari. 

Dalam kordinasi ini direncanakan akan dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dislutkan Prov. Kalteng dengan Dislutkan Prov. Bali tentang pembangunan dan pengembangan potensi kelautan dan perikanan di Kalteng dan Bali.

Menurut Darliansjah, potensi yang memiliki prospek untuk dikerjasamakan antara lain pengembangan wisata perikanan/bahari, pemasaran produksi hasil perikanan baik berupa ikan lokal hidup, ikan lokal segar, ikan hias, pengolahan hasil perikanan lokal juga limbah hasil perikanan, shrimp estate, millennial shrimp estate, termasuk juga pendampingan/pelatihan kompetensi pelaku usaha perikanan serta beberapa potensi kelautan dan perikanan lainnya.

Kadislutkan Prov. Kalteng Darliansjah pun mengaku bangga dan mengapresiasi terobosan dan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Menurutnya, terobosan Gubernur Kalteng dengan melakukan kesepakatan bersama Gubernur Bali ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan dan pembangunan kelautan dan perikanan, khususnya di Kalteng.

“Kami mengapresiasi dan bangga dengan terobosan yang dilakukan oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran khususnya dalam pengembangan dan pembangunan sektor kelautan dan perikanan, serta menyambut kerja sama ini untuk segera berkoordinasi kembali dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali agar dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat menyiapkan perjanjian kerja sama dalam rangka mendukung kesepakatan bersama ini, dengan harapan agar pengembangan dan pembangunan kelautan dan perikanan, khususnya di Kalimantan Tengah, dapat segera terealisasi dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” pungkas Darliansjah. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments