P. Raya

Pemprov 'Semangat' DAK Fisik Peringkat Dua.

Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) sukses berada pada urutan kedua secara nasional dalam penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik. Hal ini berdasarkan penghitungan dari Direktorat Jendral Perbendaharaan dan Direktorat Pelaksana Anggaran Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 

Capaian ini jadi bagian menambah semangat dalam pelayanan dan upaya Pemprov Kalteng dalam membangun daerah dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Ini bagian dari upaya pemerintah Provinsi Kalteng dalam meningkatkan pelayanan dan pembangunan. Terima kasih untuk kinerja para ASN dan juga masyarakat yang memberikan masukan dalam membangun Kalteng," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Kamis 2 September 2021. 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Nuryakin menjelaskan, berdasarkan data yang ditampilkan dalam Aplikasi OMSPAN hingga 31 Agustus 2021, kinerja penyaluran DAK Fisik pada lingkup Provinsi setempat telah mencapai Rp 557.798.957.882 atau telah mencapai angka 33,90 persen dari total yang telah ditetapkan.

"Kinerja penyaluran tersebut lebih besar dari rata-rata nasional sebesar 22,86 persen dan menduduki urutan ke-2 secara nasional. Ini tentunya harus kita syukuri dan terus ditingkatkan," lugasnya. Nuryakin mengatakan, penghitungan jumlah pagu DAK Fisik tersebut terdiri dari 130 bidang atau 230 Subbidang yang tersebar pada tingkat provinsi hingga 15 kabupaten/kota yang ada. 

Berdasarkan data, kontrak DAK Fisik yang telah direkam seluruh pemerintah daerah baik pada tingkat provinsi hingga kabupaten/kota dalam Aplikasi OMSPAN sampai dengan batas akhir pada 31 Agustus 2021 telah mencapai Rp 1.569.899.093.405 atau sebesar 95,42 persen dari pagu. Prestasi ini, kata dia, berkat arahan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam memantau hingga koordinasi internal, dan akan terus didorong dan ditingkat lagi. 

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments