P. Raya

Penanda Tanaganan Fakta Intregitas 5 Poin Utama

PALANGKA RAYA - Doa Bersama Lintas Agama "Bersatu Dalam Perbedaan"Bersama Membangun Harmoni dan Kesejahteraan Dalam Kegiatan Doa Bersama Lintas Agama di selenggarakan di UPT Taman Budaya Provinsi Kalteng, Jumat (10/1/2024).

Ketua Panitia Lintas Agama Kalteng Murnelis, bersama dengan Tokoh Masyarakat, Koperasi, dan Seluruh Mahasiswa yang mewakili Universitas yang ada di Palangkaraya menghadiri acara Doa Bersama Lintas Agama tersebut.

Dalam laporannya Murnelis mengatakan Pada, 30 Desember 2023 digelar acara doa Bersama Lintas Agama di UPT Taman Budaya Kalteng dengan tema" Bersatu dalam perbedaan Bersama membangun harmoni dan kesejahteraan" kegiatan dilaksanakan diprakarsai oleh Tokoh adat tokoh masyarakat ormas LSM dan para petani Plasma. 

"Dengan mengundang Pemerintah Provinsi Kalteng, Forkopimda Provinsi Kalteng, Seluruh Kepala dinas tingkat provinsi Kalteng, Asosiasi, Organisasi, Paguyuban sekalteng, serta Mahasiswa Jurusan pertanian dan kehutanan dari berbagai universitas sekota Palangkaraya.,"Ucap Murnelis.

 

Tidak hanya menjadi forum spiritual, tetapi juga menjadi panggung penanda tanganan Fakta Integritas. Berikut 5 poin utama dalam Fakta Integritas : 1. Berkomitmen membangun masyarakat setempat menjadi sejahtera, memberikan kontribusi pada pembangunan ekonomi yang inklusif. Ini mencakup upaya meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat disekitar perkebunan kelapa sawit.

2. Menciptakan lingkungan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Diwujudkan melalui penciptaan peluang bagi semua pihak, termasuk masyarakat local untuk terlibat dalam kegiatan ekonomi dengan adil dan berkelanjutan.

3. Mendukung iklim investasi yang sehat. Ini melibatkan menciptakan kondisi yang mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan berkontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi daerah.

4. Menciptakan keamanan dan kedamaian dalam dunia usaha perkebunan. Ini termasuk menentang segala bentuk penjarahan masal, pencurian, perusakan sumber daya alam dan aktivitas yang dapat merugikan lingkungan.

5. Berkomitmen penuh terhadap regulasi hukum yang berlaku. Ini mencakup memastikan bahwa tuntutan plasma dan kegiatan bisnisnya sejalan dengan perundang-undangan , menciptakan keseimbangan yang adil antara kepentingan bisnis dan masyarakat, serta menolak segala bentuk penguasaan lahan yang tidak sah," Jelas Murnelis.

Lebih lanjut Murnelis menambahkan Kondisi saat ini sangat mengkhawatirkan dengan adanya Tindakan penjarahan masal oleh oknum yang tidak bertanggungjawab di wilayah perkebunan sawit. Seluruh koperasi ( para petani plasma ) yang ada di wilayah Perkebunan kelapa sawit dengan tegas menentang segala bentuk Tindakan ini yang tidak hanya mengancam keamanan, tetapi juga merugikan masyarakat dan dapat merusak nama baik Provinsi Kalteng dalam bidang investasi khususnya Investasi Perkebunan.

"Acara ini menjadi bukti nyata bahwa seluruh Koperasi ( para petani plasma ) yang hadir tidak hanya berbicara tentang integritas dan komitmen, tetapi juga bersedia mengambil Tindakan konkrit untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat dan keberlanjutan investasi di provinsi Kalimantan Tengah.,"Tuturnya"Kami memberikan seruan kepada pemerintah provinsi Kalteng Aparat penegak hukum, seluruh anggota Koperasi , para petani plasma,, masyarakat Lokal, untuk Bersama-sama mengatasi permasalahan ini. Kami membutuhkan perhatian dan Tindakan nyata agar terciptanya kondisi iklim investasi yang sehat, dimana keamanan dan keberlanjutan bisnis dapat terjamin,"Imbuhnya.

Menutup sambutannya Ketua Panitia, Murnelis menyampaikan Harapan serta hal yang lebih ditekankan dalam Kegiatan ini Adalah agar "Bumi Tambun Bungai" ini dapat dikenal menjadi lebih Indah dan lebih Aman serta Lebih Kondusif lagi di Tahun 2024 yang merupakan Tahun Pemilu untuk kedepannya selalu dalam Keadaan Baik dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments