P. Raya

Penataan Dapil Dan Alokasi Kursi Dprd Untuk Pemilu 2024

PALANGKA RAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah melakukan sosialisasi tentang penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi DPRD pada pemilihan umum (pemilu) 2024 di aula hotel best western, Palangka Raya, selasa sore, 28 maret 2023. Sosialisasi ini diikuti oleh sejumlah pengurus dan anggo-ta partai politik, unsur pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta kalangan akademisi 

Provinsi Kalteng memiliki 45 alokasi kursi di DPRD yang terbagi pada pemilihan daerah di 13 kabupaten dan satu kota. Dalam penataan dapil tersebut, dapil kalteng I memiliki 10 kursi yang meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya. Kemudian dapil kalteng IIsebanyak 10 kursi yang meliputi Kotawaringin Timur Dan Seruyan. Dapil kalteng III sebanyak 7 kursi yang meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Sukamara Dan Kabupaten Lamandau. Dapil Kalteng IVdengan 9 kursi yang terdiri dari Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Murung Raya Dan Barito Timur. Terakhir dapil V sebanyak 9 kursi yang terdiri dari Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau.

Menurut ketua KPU kalteng, harmain ibrohim, penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi yang telah ditetapkan telah me-lewati masa pengumuman dan tanggapan masyarakat. Selain itu, pencermatan kembali juga telah dilakukan hingga akhirnya ditetapkan KPU RI.

Komisioner KPU Kalteng divisi sosialisasi pendidikan pemilih partisipasi masyarakat dan SDM, Eko Wahyu Sulistiobudi mengungkapkan bahwa provinsi kalteng memiliki sekitar 2.672.790 jiwa pemilih. Alokasi 45 kursi DPRD Kalteng ini terbagi pada pemilihan daerah yang tersebar di 13 Kabupaten dan satu kota.

Sosialisasi ini menjadi penting karena akan menentukan bagaimana wakil rakyat akan terpilih di dprd kalteng pada pemilu 2024 nanti. Diharapkan dengan sosialisasi ini, masyarakat dapat memahami dan mengikuti proses pemilu dengan baik serta meningkatkan partisipasi dalam pemilihan wakil rakyat.

(Harry)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments